Connect With Us

Wali Kota Bandung Berhenti Blusukan

Denny Bagus Irawan | Senin, 6 Oktober 2014 | 15:27

Ridwan Kamil (Dira Derby / TangerangNews/Dira Derby)

BANDUNG-Baru-baru ini wartawan TangerangNews.com  berkesempatan mewawancarai Wali Kota Bandung Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil.

Ridwan Kamil mengaku enggan blusukan pada dua tahun kepimimpinan-nya. “Saya lelah kalau terus bekerja seperti ini (blusukan). Saya harus berubah ditahun kedua,” ujar Ridwan Kamil .

Ridwan mengaku ingin mengakhiri jabatannya dengan telah membangun sistem.

“Tahun kedua ini saya harus membuat disentralisasi. Itu hasil saya bekerja selama 12 bulan ini. Nanti kalau sistem-nya sudah bagus, kita kunci. Jadi siapa pun wali kota mendatang tak perlu lagi mencari panggung.  Karena sistem-nya sudah baik,” ujar Emil.

Ditahun kedua, dia mengatakan tak ingin ada terus menerus pejabat setingkat lurah dan camat yang selalu meminta arahan petunjuk kepada dirinya. “Yang begitu mah, seperti jalan rusak harus ditambal enggak usah nunggu petunjuk. Saya ingin ditahun kedua ini melakukan pendekatan manajer, urusan rutin harus dilakukan pihak kelurahan dan kecamatan,” terangnya.

Anggaran kedepan, kata Ridwan Kamil akan lebih besar ditingkat Kecamatan dan Kelurahan.

 “Saya ingin disentralisasi berdasarkan distributing power. Jadi kalau ada permasalahan seperti laporan jalan rusak, kirim tim reaksi cepat tambal jalan rusak,  camat dan lurah enggak perlu ke dinas,” terangnya.   

Emil juga mengaku dampak dari disentralisasi distributing power tersebut membuat camat dan lurah menjadi dekat dengan masyarakat.

“Apalagi kita telah membuat sistem pelaporan online. Sehingga saya bisa mengetahui setiap saat ada complain apa saja di lurah A, B dan C. Begitu pun di kecamatan,” terangnya.

Ridwan Kamil mengatakan, setiap awal bulan dirinya akan melihat hasil akhir dari complain yang dilayangkan warga. Kalau sudah ada penyelesaian raport mereka akan sendirinya hijau. Tetapi kalau complain warga tak terlayani,  mereka akan mendapat raport merah.

“Di dalam sistem pelaporan itu kita sudah melakukan pembagian kasus. Seperti permasalahan pembuatan kepengurusan kependudukan, kesehatan dan pendidikan. Dan, mereka yang lapor harus menggunakan username-nya dengan Nomor KTP sehingga tidak bisa anonim” terangnya.  Emil mengaku, ingin semua serba online seperti halnya di Singapura. Dengan begitu akan mengurangi pertemuan antara manusia dengan aparat.

“Di Singapura saya belajar, mereka semua serba menggunakan aplikasi. Kita harus mengurangi pertemuan manusia dengan manusia itu, sehingga tak ada pungutan liar,” ujarnya.
 
HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

KOTA TANGERANG
Meski Terlambat, Pj Wali Kota Tangerang Klaim Sudah Cairkan THR Pegawai

Meski Terlambat, Pj Wali Kota Tangerang Klaim Sudah Cairkan THR Pegawai

Jumat, 29 Maret 2024 | 19:02

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengklaim telah mencairkan membelanjakan uang Tunjangan Hari Raya (THR) dan Tunjangan Prestasi Kerja (TPK) untuk pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill