Connect With Us

Menkes Resmikan Gedung Pelayanan Terpadu RSK Sitanala

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 25 Februari 2015 | 12:09

RS Kusta Sitanala (Ran / TangerangNews)

TANGERANG-Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila Farid Moeloek meresmikan gedung pelayanan terpadu dr. Adhyatama di Rumah Sakit Kusta (RSK) Dr. Sitanala, Rabu (25/2) pagi.

 

Gedung tiga lantai tersebut memiliki fasilitas pelayanan gawat darurat, rawat inap, kamar operasi serta ICU. Pembangunan gedung dilakukan bertahap dalam kurun waktu tiga tahun sejak 2012-2014, dengan dana pembangunan bersumber dari APBN.

 

Sementara kelengkapan sarana dan prasarana gedung tersebut bersumber dari dana penerimaan negara bukan pajak dan badan layanan umum.

 

“Nama dr. Adhyatama di gedung pelayanan ini merupakan sebagai bentuk terima kasih atas jasanya membina rumah sakit selama periode 1065 - 1971. Keberadaan RS ini diharapkan dapat menurunkan angka kecatatan pada penderita secara siginifikan," ujar Menkes.

 

Dijelaskannya, sebagai RS Khusus kelas A, Sitanala mempunyai tiga dan fungsi sebagai tempat rujukan tertinggi bagi penanganan kasus kusta.

 

"RS Sitanala pun bisa menjadi sarana pendidikan, penelitian dan pengembangan bagi tenaga medis maupun para medis dalam pengobatan kusta khususnya rehabilitasi kusta," paparnya.

 

Direktur RSK Sitanala Liliana Lazuardy mengatakan, RS tersebut didirikan sejak tahun 1956 sebagai leprosarium kusta dengan nama Leprosarium Sewan dan berkembang menjadi Pusat Rehabilitasi Sitanala.

 Saat ini, RSK Sitanala memiliki 18 poli klinik yang terdiri dari poli klinik kusat, poli klinik umum, poli klinik gigi dan 15 poli klinik spesialis. Ada juga rawat inap kusta, rawat inap umum, IGD, ICU, pelayanan bedah, pelayanan rehabilitasi serta pelayanan penunjang berupa laboratorium, radiologi, gizi, farmasi.

 

 “Dengan 200 tempat tidur, pasien umum lebih banyak dibandingkan pasien kusta. Begitu pula pasien inap umum sekitar 84 persen dan pasien kusta 16 persen,” katanya.

 

 

 

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill