Connect With Us

Bawa 15 Kg Peledak Plus 4 Rompi, Tentara Turki Tahan 34 Orang

EYD | Rabu, 10 Februari 2016 | 06:43

Tentara Turki melakukan sweeping kepada sejumlah orang yang diduga anggota ISIS (istimewa / tangerangnews)

TANGERANG – Tentara Turki menahan 34 orang yang masuk dari perbatasan Suriah dan kedapatan membawa bahan peledak serta rompi bom bunuh diri. Sekitar 15 kilogram bahan peledak dan empat rompi bunuh diri disita dari mereka.

“Sekitar 12-15 kilogram peledak dan empat rompi peledak yang bisa digunakan untuk serangan bom bunuh diri, ditemukan di dalam dua tas,” demikian pernyataan militer Turki seperti dilansir AFP, Rabu (10/2/2016).

Sebanyak 34 orang yang terdiri atas empat laki-laki, 10 wanita, dan 20 anak-anak dihentikan di kota perbatasan Karkamis, Turki. Dilaporkan kantor berita Turki, Dogan, seperti dilansir Reuters, 34 orang itu ditahan pada Selasa (9/2) malam waktu setempat.

Militer Turki tidak merinci lebih lanjut kelompok teror yang terlibat insiden ini. Namun, kota Karkamis diketahui terletak berseberangan dengan kota Jerabalus, Suriah, yang kini dikuasai militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Penahanan ini terjadi ketika sekitar 30 ribu warga Suriah berkumpul di perbatasan Turki, tepatnya di Oncupinar yang berjarak sekitar 100 kilometer sebelah barat Karkamis. Puluhan ribu warga Suriah ini kabur dari rumah mereka setelah pasukan loyalis Presiden Bashar al-Assad mengepung kota Aleppo.

Turki sendiri telah menampung 2,7 juta pengungsi Suriah dan menolak untuk membiarkan aliran baru pengungsi ini masuk ke wilayahnya. Pada Selasa (9/2), PBB mendorong Turki untuk membuka perbatasannya untuk gelombang baru pengungsi Suriah ini.

Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus menyatakan, skenario terburuk terjadi jika 600 ribu pengungsi tiba di perbatasan negara itu. Kepolisian dan militer Turki tengah waspada tinggi dengan adanya militan yang berusaha menyusup ke wilayahnya, dengan memanfaatkan gelombang pengungsi.

Pada Januari lalu, sedikitnya 11 turis Jerman tewas akibat ledakan bom bunuh diri di distrik wisata Istanbul. Pelakunya diketahui sebagai warga Suriah yang bergabung dengan ISIS dan masuk ke wilayah Turki sebagai pengungsi.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

BANTEN
UMKM Binaan PLN Banten Jadi Sorotan di Bazar Kementerian ESDM 2024

UMKM Binaan PLN Banten Jadi Sorotan di Bazar Kementerian ESDM 2024

Kamis, 28 Maret 2024 | 10:45

Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten (PLN UID Banten) berpartisipasi dalam bazar bertajuk "Sobat Energi Belanja UMKM 2024" .

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill