Connect With Us

Pernyataan KPK Giring Opini Rekomendasi Pansus Khayalan

| Rabu, 17 Maret 2010 | 21:56

| Dibaca : 1169

KPK (tangerangnews / kpk)

 
 
 
TANGERANGNEWS-  Pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Haryono Umar bahwa temuan Pansus Century tidak memiliki informasi yang kuat untuk mengungkap kasus Bank Century menuai kecaman. Salah satunya datang dari Direktur Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti.
 
Menurut Ray, pernyataan tersebut menimbulkan kesan menggiring opini bahwa temuan pansus adalah khayalan belaka. "Jika hasil Pansus tak dapat dijadikan sebagai dasar bagi langkah hukum, jelas hal ini menempatkan hak istimewa DPR tersebut seolah tak berguna. Lebih dari itu, pernyataan tersebut menggiring opini seolah temuan pansus hanya khayalan," cetus Ray.
 
Pernyataan tersebut, menurut Ray, janggal. Karena hasil pansus telah diparipurnakan dan memilih opsi C serta menyebut beberapa nama secara tegas. Ia mengingatkan, hasil paripurna DPR merupakan salah satu keputusan politik tertinggi dalam struktur kenegaraan.
 
"Jadi menyamakan hasil paripurna sebagai hal yang biasa jelas terkesan memandang hasil politik dari mekanisme yang dijamin konstitusi seperti sama nilainya dengan laporan biasa masyarakat,"
 
Padahal, sambung dia, hasil paripurna didahului oleh penyelidikan DPR melalui pansus yang dibentuk sesuai dengan mekanisme yang ada.
Hasil penyelidikan Pansus yang dianggap sebagai temuan biasa yang tidak bisa memperkuat pengusutan di KPK, menurut Ray, menjadikan fungsi dan hak angket tidak berguna.
 
"Perlu diingatkan bahwa penggunaan hak angket bukan sekedar alasan politik tetapi juga menyangkut faktor hukum," tegasnya. (endee)

KOTA TANGERANG
Siapkan Rp9 Miliar, Pemkot Akan Bangun Gedung Baru SDN 15 Tangerang

Siapkan Rp9 Miliar, Pemkot Akan Bangun Gedung Baru SDN 15 Tangerang

Senin, 20 Agustus 2018 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan membangun gedung baru untuk SDN 15 Tangerang. Upaya itu dilakukan lantaran gedung yang saat ini ditempati siswa yaitu di samping TangCity Mall, sudah mulai rusak.

KAB. TANGERANG
Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang Ditarget Naik Rp178 Miliar

Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang Ditarget Naik Rp178 Miliar

Senin, 20 Agustus 2018 | 16:39

TANGERANGNEWS.com-Pendapatan daerah Kabupaten Tangerang dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) tahun anggaran

BANDARA
Jatuh di Jalur Berlawanan, Pemotor Tewas di Bandara Soekarno-Hatta

Jatuh di Jalur Berlawanan, Pemotor Tewas di Bandara Soekarno-Hatta

Senin, 20 Agustus 2018 | 12:00

TANGERANGNEWS.com-Kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kematian terjadi di Jalan Perimeter Selatan, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (19/8/2018) malam.

BANTEN
Tawuran Pelajar di Tangsel Disorot Gubernur, WH: Jangan Terulang Lagi!

Tawuran Pelajar di Tangsel Disorot Gubernur, WH: Jangan Terulang Lagi!

Kamis, 2 Agustus 2018 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Tawuran dua kelompok pelajar di Jalan Raya Puspitek, Kecamatan Setu, Tangsel, Selasa (31/7/2018) disorot Gubernur Banten, Wahidin Halim. Bahkan, sosok yang akrab disapa WH itu terjun langsung ke dua sekolah yang terlibat.

"Kita tidak boleh menerima nasib buruk dan pasrah menerimannya sebagai kutukan. Kalau kita mau hidup bebas, kita harus belajar untuk terbang"

Gie