Connect With Us

Pernyataan KPK Giring Opini Rekomendasi Pansus Khayalan

| Rabu, 17 Maret 2010 | 21:56

| Dibaca : 1183

KPK (tangerangnews / kpk)

 
 
 
TANGERANGNEWS-  Pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Haryono Umar bahwa temuan Pansus Century tidak memiliki informasi yang kuat untuk mengungkap kasus Bank Century menuai kecaman. Salah satunya datang dari Direktur Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti.
 
Menurut Ray, pernyataan tersebut menimbulkan kesan menggiring opini bahwa temuan pansus adalah khayalan belaka. "Jika hasil Pansus tak dapat dijadikan sebagai dasar bagi langkah hukum, jelas hal ini menempatkan hak istimewa DPR tersebut seolah tak berguna. Lebih dari itu, pernyataan tersebut menggiring opini seolah temuan pansus hanya khayalan," cetus Ray.
 
Pernyataan tersebut, menurut Ray, janggal. Karena hasil pansus telah diparipurnakan dan memilih opsi C serta menyebut beberapa nama secara tegas. Ia mengingatkan, hasil paripurna DPR merupakan salah satu keputusan politik tertinggi dalam struktur kenegaraan.
 
"Jadi menyamakan hasil paripurna sebagai hal yang biasa jelas terkesan memandang hasil politik dari mekanisme yang dijamin konstitusi seperti sama nilainya dengan laporan biasa masyarakat,"
 
Padahal, sambung dia, hasil paripurna didahului oleh penyelidikan DPR melalui pansus yang dibentuk sesuai dengan mekanisme yang ada.
Hasil penyelidikan Pansus yang dianggap sebagai temuan biasa yang tidak bisa memperkuat pengusutan di KPK, menurut Ray, menjadikan fungsi dan hak angket tidak berguna.
 
"Perlu diingatkan bahwa penggunaan hak angket bukan sekedar alasan politik tetapi juga menyangkut faktor hukum," tegasnya. (endee)

TOKOH
Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jumat, 2 November 2018 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Pendongeng Keliling Nusantara Budi Sabarudin akan kembali menjalankan program Sedekah Dongeng Keliling Nusantara. Kali ini mengusung tajuk Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota.

TEKNO
Pertama di Indonesia, BPPT Luncurkan Lab Uji Modul Panel Surya di Puspitek Serpong

Pertama di Indonesia, BPPT Luncurkan Lab Uji Modul Panel Surya di Puspitek Serpong

Rabu, 9 Januari 2019 | 15:18

TANGERANGNEWS.com-Melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah resmi membuka pelayanan teknis untuk

PROPERTI
Mandaya Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp1,2 Triliun di Tangerang

Mandaya Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp1,2 Triliun di Tangerang

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 13:04

TANGERANGNEWS.com-Mandaya Hospital Group mulai membangun Mandaya Royal Hospital Puri (MRHP) di CBD area kompleks Perumahan Metland

HIBURAN
Sweet Treats, Spot Instagrammable Terbaru di Scientia Square Park Serpong

Sweet Treats, Spot Instagrammable Terbaru di Scientia Square Park Serpong

Sabtu, 5 Januari 2019 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Dikenal sebagai taman edukasi hijau terbuka yang mengedepankan konsep experience di kawasan Summarecon Serpong,

"Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi seperti apa yang Anda inginkan."

George Elliot