Connect With Us

Pernyataan KPK Giring Opini Rekomendasi Pansus Khayalan

| Rabu, 17 Maret 2010 | 21:56

| Dibaca : 1164

KPK (tangerangnews / kpk)

 
 
 
TANGERANGNEWS-  Pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Haryono Umar bahwa temuan Pansus Century tidak memiliki informasi yang kuat untuk mengungkap kasus Bank Century menuai kecaman. Salah satunya datang dari Direktur Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti.
 
Menurut Ray, pernyataan tersebut menimbulkan kesan menggiring opini bahwa temuan pansus adalah khayalan belaka. "Jika hasil Pansus tak dapat dijadikan sebagai dasar bagi langkah hukum, jelas hal ini menempatkan hak istimewa DPR tersebut seolah tak berguna. Lebih dari itu, pernyataan tersebut menggiring opini seolah temuan pansus hanya khayalan," cetus Ray.
 
Pernyataan tersebut, menurut Ray, janggal. Karena hasil pansus telah diparipurnakan dan memilih opsi C serta menyebut beberapa nama secara tegas. Ia mengingatkan, hasil paripurna DPR merupakan salah satu keputusan politik tertinggi dalam struktur kenegaraan.
 
"Jadi menyamakan hasil paripurna sebagai hal yang biasa jelas terkesan memandang hasil politik dari mekanisme yang dijamin konstitusi seperti sama nilainya dengan laporan biasa masyarakat,"
 
Padahal, sambung dia, hasil paripurna didahului oleh penyelidikan DPR melalui pansus yang dibentuk sesuai dengan mekanisme yang ada.
Hasil penyelidikan Pansus yang dianggap sebagai temuan biasa yang tidak bisa memperkuat pengusutan di KPK, menurut Ray, menjadikan fungsi dan hak angket tidak berguna.
 
"Perlu diingatkan bahwa penggunaan hak angket bukan sekedar alasan politik tetapi juga menyangkut faktor hukum," tegasnya. (endee)

WISATA
Mengenal Seluk Beluk Kode Rahasia di Museum Sandi Yogyakarta

Mengenal Seluk Beluk Kode Rahasia di Museum Sandi Yogyakarta

Rabu, 21 Maret 2018 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Yogyakarta bukan cuma terkenal dengan budaya Jawa yang kental. Tapi ternyata, di kota ini terselip destinasi unik berupa

AYO! TANGERANG CERDAS
Dicari, 200 Peserta Penerima Beasiswa Pelajari Produk Apple di BSD

Dicari, 200 Peserta Penerima Beasiswa Pelajari Produk Apple di BSD

Senin, 21 Mei 2018 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Pasca diresmikannya Apple Developer Academy di BSD Green Office Park, BSD City, Kota Tangsel oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada 7 Mei 2018 lalu,

NASIONAL
2 Pendaki Wanita Indonesia yang mendaki Gunung Tertinggi Dunia Kembali ke Tanah Air

2 Pendaki Wanita Indonesia yang mendaki Gunung Tertinggi Dunia Kembali ke Tanah Air

Kamis, 31 Mei 2018 | 09:00

TANGERANGNEWS.com-Akhirnya, dua pendaki dari Tim The Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition MahitalaUnpar (WISSEMU) kembali ke Tanah Air.

"Sekali anda mengerjakan sesuatu jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. orang orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia. "

Chanakya