Connect With Us

Pernyataan KPK Giring Opini Rekomendasi Pansus Khayalan

| Rabu, 17 Maret 2010 | 21:56

| Dibaca : 1169

KPK (tangerangnews / kpk)

 
 
 
TANGERANGNEWS-  Pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Haryono Umar bahwa temuan Pansus Century tidak memiliki informasi yang kuat untuk mengungkap kasus Bank Century menuai kecaman. Salah satunya datang dari Direktur Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti.
 
Menurut Ray, pernyataan tersebut menimbulkan kesan menggiring opini bahwa temuan pansus adalah khayalan belaka. "Jika hasil Pansus tak dapat dijadikan sebagai dasar bagi langkah hukum, jelas hal ini menempatkan hak istimewa DPR tersebut seolah tak berguna. Lebih dari itu, pernyataan tersebut menggiring opini seolah temuan pansus hanya khayalan," cetus Ray.
 
Pernyataan tersebut, menurut Ray, janggal. Karena hasil pansus telah diparipurnakan dan memilih opsi C serta menyebut beberapa nama secara tegas. Ia mengingatkan, hasil paripurna DPR merupakan salah satu keputusan politik tertinggi dalam struktur kenegaraan.
 
"Jadi menyamakan hasil paripurna sebagai hal yang biasa jelas terkesan memandang hasil politik dari mekanisme yang dijamin konstitusi seperti sama nilainya dengan laporan biasa masyarakat,"
 
Padahal, sambung dia, hasil paripurna didahului oleh penyelidikan DPR melalui pansus yang dibentuk sesuai dengan mekanisme yang ada.
Hasil penyelidikan Pansus yang dianggap sebagai temuan biasa yang tidak bisa memperkuat pengusutan di KPK, menurut Ray, menjadikan fungsi dan hak angket tidak berguna.
 
"Perlu diingatkan bahwa penggunaan hak angket bukan sekedar alasan politik tetapi juga menyangkut faktor hukum," tegasnya. (endee)

OPINI
Menciptakan Pencipta Hoax yang Adil dan Beradab

Menciptakan Pencipta Hoax yang Adil dan Beradab

Kamis, 11 Oktober 2018 | 11:34

TANGERANGNEWS.com-Menyimak pemberitaan media baru-baru ini yang tengah ramai menyoroti sosok Ratna Sarumpaet, seorang mantan aktivis

TOKOH
Ita Nurhayati, Komisioner KPU Perempuan Pertama di Kabupaten Tangerang

Ita Nurhayati, Komisioner KPU Perempuan Pertama di Kabupaten Tangerang

Senin, 3 September 2018 | 15:22

TANGERANGNEWS.com-Kaum perempuan semakin memantapkan kiprahnya di ruang publik, salah satunya Ita Nurhayati, Komisioner KPU Kabupaten Tangerang Divisi Program dan Data.

MANCANEGARA
Ngeri, 11 Mayat Bayi Ditemukan Membusuk di Bekas Rumah Duka AS

Ngeri, 11 Mayat Bayi Ditemukan Membusuk di Bekas Rumah Duka AS

Minggu, 14 Oktober 2018 | 18:00

TANGERANGNEWS.comKepolisian Detroit, Amerika Serikat (AS), menemukan 11 jasad bayi di sebuah bekas rumah duka. Jasad belasan bayi itu itu berada di langit-langit rumah dengan kondisi sudah membusuk.

TEKNO
Ponsel Gaming Xiaomi Segera Dirilis

Ponsel Gaming Xiaomi Segera Dirilis

Minggu, 14 Oktober 2018 | 18:00

TANGERANGNEWS.com-Setelah cukup sukses dengan pasar smartphone murah, Xiaomi berencana akan mengeluarkan produk smartphone gaming pertamanya, Black Shark. Sejak diluncurkan bulan April lalu, ketersediaan Black Shark sangat terbatas

"Semua orang pernah gagal. Sebagian menyerah, sebagian bangkit kembali. Maka ada pecundang, ada pemenang."

Ken Terate