Connect With Us

Uji Coba Kebijakan Ganjil-Genap di Pintu Tol Karawaci Ditangguhkan

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 4 Mei 2018 | 13:00

| Dibaca : 869

Pintu Tol Tangerang. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Rencana uji coba kebijakan pengaturan kendaraan pribadi dengan skema ganjil genap di Pintu Tol Karawaci 2 dan Karawaci 4, yang semula akan dilaksanakan pada Senin 7 Mei 2018 diputuskan untuk ditangguhkan.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menjelaskan, bahwa penangguhan dilakukan karena upaya untuk mengurangi antrian yang masih terjadi di was tol Tangerang - Jakarta akan difokuskan terlebih dahulu pada bagaimana membenahi sirkulasi lalu lintas di persimpangan Tomang.

"BPTJ saat ini sedang proses menyelesaikan analisis dan perhitungan pengaturan waktu lampu Ialu lintas di persimpangan Tomang," kata dia, Jumat (4/5/2018).

Dari perhitungan dan analis yang dilakukan misalnya akan dilihat kemungkinan untuk menambah waktu nyala lampu hijau di pintu keluar tol dari arah Tangerang ke Jakarta yang ada di persimpangan Tomang, sehingga akan semakin mengurangi antrian yang masih terjadi.

Namun tentu harus melihat dampaknya terhadap keseluruhan pengaturan Ialu lintas di semua jalan yang terhubung dengan persimpangan Tomang. Hasil perhitungan dan analisis nantinya masih akan dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan DKl Jakarta.

Seperti sebelumnya bahwa uji coba kebijakan penanganan kemacetan di ruas tol Tangerang - Jakarta yang mulai lebih dahulu pada 16 April 2018 Ialu telah membuahkan dampak positif.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Saeful Rohman menambahkan, selama uji coba dua pekan tersebut, panjang atrian yang terjadi selama waktu pemberlakukan kebijakan di ruas tol Tangerang - Jakarta (Senin -Jum'at pukul 06.00-09.00 WIB) berkurang hingga separuhnya.

Data Jasa Marga menyebutkan bahwa panjang antrian kendaraan berkurang dari semula 18 km menjadi 8 km. Selain itu terdapat pula penurunan volume kendaraan di Gerbang Tol Kunciran 2 dan Tangerang 2 sebesar 24,9 % serta peningkatan kecepatan rata rata di ruas Tangerang - Jakarta sebesar 24,9 % (semula 22 km/jam menjadi 27,6 km/jam).

"Dengan keputusan penangguhan ini, untuk sementara pada Pintu Tol Karawaci arah Jakarta tidak diberlakukan kebijakan pengaturan kendaraan pribadi dengan skema ganjil genap," ujarnya.

Namun pada dasarnya pengaturan kendaraan pribadi dengan skema ganjil genap di Pintu Tol Karawaci ini termasuk dalam bagian rencana paket kebijakan penanganan kemacetan di ruas toI Tangerang Jakarta.



"Dengan demikian jika suatu saat perkembangan situasi menghendaki, maka kebijakan ganjil genap akan diberlakukan pula di Pintu Tol Karawaci ini, termasuk dalam mengantisipasi pengaturan lalu lintas guna mendukung Asian Games yang beberapa bulan lagi akan berlangsung di Jakarta," jelasnya.

Tahapan proses pelaksanaan paket kebijakan penanganan kemacetan baik di Tol Jakarta Tangerang maupun Tol Jagorawi (Cibubur Jakarta) yang sudah berjalan hingga saat ini tetap terus berlanjut.

"Uji coba yang semula direncanakan sampai akhir bulan April secara keseluruhan diperpanjang sampai 11 Mei 2018 dan pada pertengahan Mei 2018 diharapkan implementasi sepenuhnya kebijakan tersebut telah dapat dilakukan," paparnya.(RAZ/RGI)

KAB. TANGERANG
Catat, 9 Hari Polisi & Dishub Gelar Razia Gabungan

Catat, 9 Hari Polisi & Dishub Gelar Razia Gabungan

Selasa, 11 Desember 2018 | 16:10

TANGERANGNEWS.com-Puluhan truk yang melintas di Jalan Raya Pemda Tigaraksa terjaring razia gabungan Satlantas Polresta Tangerang dengan Dinas

OPINI
Lebak, Si Kaya Akan Pasir, Miskin Akan Kesejahteraan

Lebak, Si Kaya Akan Pasir, Miskin Akan Kesejahteraan

Kamis, 6 Desember 2018 | 17:00

Tambang pasir legal maupun ilegal dibeberapa kecamatan di Kabupaten Lebak tak dapat memperbaiki ekonomi sekitar, bahkan lebih banyak mudaratnya.

KOTA TANGERANG
Hujan Deras, Pohon di Cipondoh Tumbang

Hujan Deras, Pohon di Cipondoh Tumbang

Selasa, 11 Desember 2018 | 19:06

TANGERANGNEWS.com-Hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang mengakibatkan sebuah pohon di Jalan KH Hasyim Ashari, Kenanga tumbang,

PROPERTI
Mandaya Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp1,2 Triliun di Tangerang

Mandaya Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp1,2 Triliun di Tangerang

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 13:04

TANGERANGNEWS.com-Mandaya Hospital Group mulai membangun Mandaya Royal Hospital Puri (MRHP) di CBD area kompleks Perumahan Metland

"Semua pengalaman dalam hidup mengajarkan pada kita hal - hal yang penting untuk terus maju."

Brian Tracy