Connect With Us

2 Pendaki Wanita Indonesia yang mendaki Gunung Tertinggi Dunia Kembali ke Tanah Air

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 31 Mei 2018 | 09:00

Kedua Pendaki Wanita Indonesia yang berhasil taklukan puncak gunung tertinggi di dunia, Puncak Gunung Everest. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Akhirnya, dua pendaki dari Tim The Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition MahitalaUnpar (WISSEMU)  kembali ke Tanah Air. 

Berangkat dari Kathmandu pada 31 Mei 2018 pukul 21.45 waktu setempat, Mathilda Dwi Lestari (Hilda) dan Fransiska Dimitri (Deedee) akan sampai di Terminal 2 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada Jumat 1 Juni 2018 pukul 13.00 WIB.  

 Deedee dan Hilda kembali ke Indonesia setelah sebelumnya berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi di dunia, Puncak Gunung Everest. 

Capain ini merupakan prestasi yang membanggakan karena menggenapi rangkaian pendakian 7-summits -- rangkaian tujuh gunung tertinggi di tujuh belahan lempeng benua, sering disalah artikan sebagai tujuh gunung tertinggi di dunia--. Ini artinya Tim WISSEMU menjadi tim wanita pertama dari Indonesia yang menorehkan prestasi ini.  

Di dunia sendiri baru ada 31 orang wanita yang pernah mencatatkan diri masuk dalam daftar 7summiteers. Pendakian ini sendiri tidaklah mudah dan penuh dengan peluh keringat. Kurang lebih dua bulan waktu yang dihabiskan tim untuk menyelesaikan pendakian ke gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest. 

Untuk mencapai puncak Gunung Everest, Tim WISSEMU telah melalui perjalanan panjang. Memulai perjalanan dengan proses aklimatisasi,--aktivitas adaptasi tubuh pada ketinggian tertentu --, yang panjang dari EBC (5.20 0 mdpl) hingga setengah Camp 2 ketinggian kurang lebih (7400 mpdl). Setelah proses aklimatisasi tersebut, Tim WISSEMU melakukan proses pemulihan di di Desa Zhaxizongxiang yang ada pada ketinggian 4.150 mdpl. 

Pemulihan ini dilakukan sembari menunggu cuaca pendakian terbaik. Pada tanggal 11 Mei tim memulai pendakian selama enam hari untuk akhirnya mencapai puncak Everest.  

 Dua orang mahasiswi yang masih terdaftar aktif di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung ini sebelumnya telah mengibarkan Bendera Merah Putih di enam puncak gunung tertinggi di enam lempeng benua lain. 

Mereka mencatatkan diri sebagai tim perempuan Iandonesia pertama yang berhasil mencapai puncak Puncak Gunung Denali (6.190 mdpl), Alaska dan Puncak Gunung Vinson Massif, Antartika (4.190 mdpl). 

  Sambutan baik dan rasa bangga juga sempat diutarakan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan Presiden Indonesia Joko Widodo yang diutarakan beberapa waktu lalu. 

Tim WISSEMU sendiri akan disambut langsung oleh Imam Nahrawi dalam Press Conference di Gedung Menpora setelah kepulangan nya ke Indonesia yaitu 1 Juni 2018 pukul 16.00 serta mendapat undangan untuk bertemu Presiden Joko Widodo untuk sharing mengenai kegiatan yang baru saja mereka selesaikan ini.(DBI/RGI)

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill