Connect With Us

1.300 Pramuka se-Indonesia Ramaikan Kemah Besar Nasional di Solear

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 9 November 2018 | 10:48

Kegiatan Pramuka Kemah Besar Nasional (Kembesnas) Satuan Komunitas Persada Nusantara (Sako SPN) tahun 2018 di Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. (TangerangNews.com/2018 / Rangga A Zuliansyah)

 

 

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 1300 anggota pramuka  yang berasal dari 10 provinsi di Indonesia mengikuti Kemah Besar Nasional (Kembesnas) Satuan Komunitas Persada Nusantara (Sako SPN) tahun 2018 di Kecamatan Solear,  Kabupaten Tangerang.

Kegiatan akbar yang diselenggarakan tanggal 7-9 November 2018 ini diikuti para peserta yang terdiri dari 3 satuan yaitu penegak, penggalang dan pembina.. 

Dengan mengusung tema ‘Membangun Karakter Tangguh Mewujudkan Profesional Religius Di Era Milenial’, kegiatan Kembesnas kali ini menjadikan Badak Jawa sebagai maskotnya.

pramuka

Badak Jawa sendiri merupakan kepanjangan dari bhakti, dakwah, karya dan wibawa. Sejalan dengan tujuan terselenggaranya kegiatan untuk membangun karakter tangguh serta mewujudkan pribadi yang profesional dan religius. 

Kembesnas dibuka dengan upacara yang dipimpin Majelis Pembina Satuan Komunitas Nasional (Mabi Sakonas) Sekawan Persada Nusantara Prasetyo Sunaryo, Rabu (7/11/2018).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) ini mengatakan, Pramuka merupakan perekat bangsa dan menjadi kekuatan dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Para anggota Pramuka tersebut pun disiapkan untuk menjadi pemimpin Indonesia di masa depan. 

“Pendidikan Pramuka itu melengkapi pendidikan formal di sekolah maupun pendidikan non informal di rumah” ujarnya. 

Sejak tahun 2013 pemerintah telah  menetapkan kegiatan Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah, karena dinilai penting dalam pembentukkan karakter 

“Kegiatan Pramuka menjadi andalan untuk mendidik dan membentuk karakter generasi muda yang lebih baik,” lanjut Prasetyo.

Ketua Sakonas SPN Edwin Sumiroza mengatakan, melalui UU RI No 12 tahun 2010, tentang gerakan Pramuka,  kegiatan ini telah 5 tahun hadir di seluruh Indonesia, menjadi kepanjangan tangan dab mitra Kwartir di tingkat ranting hingga nasional. 

“Sako SPN turut andil dalam menjangkau pendidikan karakter komunitas generas muda yang berpangkal di masjid dan pondok pesantren,” ujarnya

Menurutnya pendidikan formal saja tidaklah cukup untuk menghasilkan generasi muda yang handal dan berkarakter. 

“Melalui Rakernas LDII 2018, kami mendapat arahan dan pesan bahwa pada hari ini bukan hanya karakter kinerja profesional saja yang harus dibangun, tetapi karakter moral yang religius juga tidak kalah penting harus dikuasi, ” lanjut Edwin. 

Selanjutnya, acara ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi para peserta dalam melatih mental dan fisik, memperoleh keterampilan, melatih kemampuan dalam menjaga kerukunan, kekompakan serta memahami dan menghayati semangat kepramukaan.

Kegiatan ini turut dihadiri kakak-kakak unsur Mabinas dan Mabi Sakonas, seperti perwakilan Gubernur DKI, perwakilan Gubernur Banten, Kemenpora dan jajarannya, Ketua Umum LDII Abdullah Syam beserta jajarannya, serta Mabi Sakoda dan Sakocab dari 10 provinsi di Indonesia.(RAZ/HRU)

KOTA TANGERANG
Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Kamis, 18 April 2024 | 09:41

Sejumlah harga sembako di pasar-pasar tradisional Kota Tangerang mengalami penyesuaian usai Lebaran 2024 atau Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill