Connect With Us

Benarkah Bakal Ada Pajak Sepeda? Begini Kata Kemenhub

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 30 Juni 2020 | 10:32

Ilustrasi Bersepeda (Istimewa / TangerangNews)

 

TANGERANGNEWS.com-Media sosial sempat rampai dengan adanya isu pemerintah akan memberlakukan pajak terhadap pengguna sepeda. Hal itu lantaran tengah maraknya pengguna sepeda belakangan ini.

Terkait hal tersebut, Kementerian Perhubungan membantahnya. Wacana regulasi yang tengah disiapkan bukanlah terkait pajak sepeda, melainkan keselamatan para pesepeda.

"Hal ini juga untuk menyikapi maraknya penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi oleh masyarakat," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawat seperti yang dilansir dari JPNN, Selasa (30/6/2020).

Adita menjelaskan memang ada peningkatan jumlah pesepeda  dalam masa transisi adaptasi kebiasaan baru, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Karena itu, perlu diatur standar keselamatan dalam bersepeda.

"Diatur seperti harus ada alat pemantul cahaya bagi para pesepeda, jalur sepeda serta penggunaan alat keselamatan lainnya oleh pesepeda,” jelasnya.

Sepeda sendiri di kategorikan sebagai kendaran tidak bermotor seperti yang tertuang dalam UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Okeh karenanya, pengaturannya dapat dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Pada prinsipnya, animo masyarakat yang sangat tinggi harus dibarengi dengan perlindungan terhadap keselamatan pesepeda. Sehingga Kemenhub sangat setuju adanya aturan penggunaan sepeda.

"Kami akan mendorong pemerintah daerah untuk mengatur penggunaan sepeda ini minimal dengan menyiapkan infrastruktur jalan maupun ketentuan lain yang mengatur khusus para peseda ini di wilayahnya masing-masing,” tandasnya.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill