Connect With Us

Bank Bukopin Salurkan KUR ke UMKM Pariwisata Terdampak COVID-19

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 23 Agustus 2020 | 11:43

| Dibaca : 350

Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono (Kiri). (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pandemi COVID-19 yang melanda lebih dari empat bulan telah berdampak langsung pada industri pariwisata. Dirambah aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar, membuat industri pariwisata menjadi lesu. Hal ini tentu saja membuat pelaku Usaha Mikro Kecil Memengah (UMKM) pariwisata terpukul.

Oleh karena itu, untuk menstimulus UMKM pariwisata, Bank Bukopin menyalurkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hal ini untuk memancing bergeraknya kembali industri yang juga menjadi andalan Indonesia.

Penyaluran KUR ini merupakan partisipasi Bank Bukopin dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Desa Budaya Kertalangu, Bali, Sabtu (22/8/2020).

Bank Bukopin ditunjuk menjadi salah satu dari 10 bank yang ditunjuk Kemenko Perekonomian dalam Penyaluran KUR di sektor UMKM.

Kegiatan yang dibuka oleh Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto dan Mentri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Panjaitan ini, diselenggrakan sebagai upaya pemerintah dalam memperkuat dan mengembangkan pelaku UMKM di sektor Pariwisata melalui penyaluran KUR.

“Pelaku UMKM dan Koperasi yang diharapkan dapat mengakses KUR adalah yang bergerak di sektor usaha produktif, salah satunya Pariwisata,” ujar Airlangga.

Bank Bukopin sendiri telah ditunjuk oleh Pemerintah sebagai penyalur KUR sejak tahun 2014. Sampai dengan saat ini nilai penyaluran KUR Bank Bukopin mencapai Rp 1,8 triliun, dengan total pelaku UMKM yang menerima pembiayaan sebanyak 12.144 Nasabah.

“Penyaluran KUR dalam kurun waktu tersebut terbilang cukup sukses, salah satunya yang Bank Bukopin salurkan pada tahun 2019. Mengacu pada laporan keuangan Perseroan, Bank Bukopin berhasil melampaui target pencpaian penyaluran KUR di tahun tersebut hingga 104%,” ujar Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono.

Sebagai Bank yang memiliki salah satu fokus bisnis pada sektor UMKM dan Koperasi, Bank Bukopin hadir dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut dengan menyalurkan KUR kepada lima pelaku UMKM di Denpasar.

Selain pembiayaan KUR, Bank Bukopin juga menyerahkan device kepada nasabah setianya yang merupakan pelaku UMKM, berupa Tablet PC dan Printer Termal.

Penyerahan tersebut sebagai bagian dari tanggung jawab sosial Bukopin terhadap konsumen, dan bentuk dukungan Bukopin terhadap transformasi digital oleh pelaku UMKM.

“Sebagai bagian dari transformasi, kita mendukung penuh para pelaku UMKM dengan perangkat tersebut, sejalan dengan transformasi digital yang telah kita lakukan sejak 2017,” ungkap Rivan. (RAZ/RAC)

WISATA
Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Sabtu, 13 Juni 2020 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Di tengah hiruk pikuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ternyata terdapat ruang terbuka hijau yang menjadi tempat favorit

TOKOH
Wulan Guritno & Nugie Terpesona dengan TOD BSD City Tangerang

Wulan Guritno & Nugie Terpesona dengan TOD BSD City Tangerang

Selasa, 6 Oktober 2020 | 10:55

TANGERANGNEWS.com-Kawasan transit oriented development (TOD) Intermoda

BANDARA
Tukang Bubur Tertipu Orderan Fiktif, Motornya Raib di Bandara Soetta

Tukang Bubur Tertipu Orderan Fiktif, Motornya Raib di Bandara Soetta

Kamis, 15 Oktober 2020 | 13:16

TANGERANGNEWS.com–Nasib malang dialami tukang bubur, Rasidi, 34. Warga Serang, Banten ini tertipu orderan fiktif, hingga motornya seharga Rp32 juta raib dibawa kabur pelaku. Kasus ini berhasil

HIBURAN
VIDEO : Pria Ini Kaget Lihat Tagihan Makan di Restoran Mewah

VIDEO : Pria Ini Kaget Lihat Tagihan Makan di Restoran Mewah

Minggu, 20 September 2020 | 11:50

TANGERANGNEWS.com-Video yang memperlihatkan seorang pia makan di restoran mewah viral di media sosial. Hal itu karena jumlah tagihan harga makanan yang fantastis, bahkan mengejutkan si pria tersebut

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil