Connect With Us

Bank Bukopin Salurkan KUR ke UMKM Pariwisata Terdampak COVID-19

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 23 Agustus 2020 | 11:43

Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono (Kiri). (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pandemi COVID-19 yang melanda lebih dari empat bulan telah berdampak langsung pada industri pariwisata. Dirambah aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar, membuat industri pariwisata menjadi lesu. Hal ini tentu saja membuat pelaku Usaha Mikro Kecil Memengah (UMKM) pariwisata terpukul.

Oleh karena itu, untuk menstimulus UMKM pariwisata, Bank Bukopin menyalurkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hal ini untuk memancing bergeraknya kembali industri yang juga menjadi andalan Indonesia.

Penyaluran KUR ini merupakan partisipasi Bank Bukopin dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Desa Budaya Kertalangu, Bali, Sabtu (22/8/2020).

Bank Bukopin ditunjuk menjadi salah satu dari 10 bank yang ditunjuk Kemenko Perekonomian dalam Penyaluran KUR di sektor UMKM.

Kegiatan yang dibuka oleh Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto dan Mentri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Panjaitan ini, diselenggrakan sebagai upaya pemerintah dalam memperkuat dan mengembangkan pelaku UMKM di sektor Pariwisata melalui penyaluran KUR.

“Pelaku UMKM dan Koperasi yang diharapkan dapat mengakses KUR adalah yang bergerak di sektor usaha produktif, salah satunya Pariwisata,” ujar Airlangga.

Bank Bukopin sendiri telah ditunjuk oleh Pemerintah sebagai penyalur KUR sejak tahun 2014. Sampai dengan saat ini nilai penyaluran KUR Bank Bukopin mencapai Rp 1,8 triliun, dengan total pelaku UMKM yang menerima pembiayaan sebanyak 12.144 Nasabah.

“Penyaluran KUR dalam kurun waktu tersebut terbilang cukup sukses, salah satunya yang Bank Bukopin salurkan pada tahun 2019. Mengacu pada laporan keuangan Perseroan, Bank Bukopin berhasil melampaui target pencpaian penyaluran KUR di tahun tersebut hingga 104%,” ujar Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono.

Sebagai Bank yang memiliki salah satu fokus bisnis pada sektor UMKM dan Koperasi, Bank Bukopin hadir dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut dengan menyalurkan KUR kepada lima pelaku UMKM di Denpasar.

Selain pembiayaan KUR, Bank Bukopin juga menyerahkan device kepada nasabah setianya yang merupakan pelaku UMKM, berupa Tablet PC dan Printer Termal.

Penyerahan tersebut sebagai bagian dari tanggung jawab sosial Bukopin terhadap konsumen, dan bentuk dukungan Bukopin terhadap transformasi digital oleh pelaku UMKM.

“Sebagai bagian dari transformasi, kita mendukung penuh para pelaku UMKM dengan perangkat tersebut, sejalan dengan transformasi digital yang telah kita lakukan sejak 2017,” ungkap Rivan. (RAZ/RAC)

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

BANDARA
WN Portugal Kepergok Selundupkan 2.500 Gram Kokain Cair Dalam Botol Sampo di Bandara Soetta

WN Portugal Kepergok Selundupkan 2.500 Gram Kokain Cair Dalam Botol Sampo di Bandara Soetta

Senin, 25 Maret 2024 | 22:30

Penumpang pesawat asal Portugal ditangkap aparat Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang karena kedapatan membawa kokain cair seberat 2.500 gram di dalam botol sampo dan sabun.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill