Connect With Us

Wajib Kamu Kunjungi, 4 Tempat Wisata Sejarah & Budaya di Kota Solo

Redaksi | Jumat, 21 Mei 2021 | 08:50

| Dibaca : 1836

Pura Mangkunegaran. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Hai warga Jakarta, ingin berwisata ke luar Kota dengan suasana yang nyaman dan fresh ? mungkin bisa mencoba berwisata ke Kota Solo. Kenapa ? Karena disana ada banyak tempat wisata yang bisa kamu jelajahi ketika musim liburan nanti. Kota Solo merupakan kota yang terkenal dengan budayanya yang kental seperti halnya Yogyakarta.

Kota Solo juga memiliki tempat wisata sejarah yang popular dikalangan para wisatawan dan sampai sekarang masih berdiri tegak yaitu Keraton Solon, disana ada banyak peninggalan sejarah yang bisa kamu pelajari sejarahnya disana.

Selain kamu bisa menikmati Keraton Solo yang eksotis. Di Kota Solo juga kamu bisa menikmati ragam tempai wisata yang lainnya juga. Diantaranya ada tempat wisata telaga, taman, air terjun, wisata alam sampai wisata sejarah selain keraton solo.

Tentu saja setelah seharian menikmati ragam wisata disana, pastinya kamu akan merasa lapar karena sudah berkeliling seharian. Tenang saja, disana juga ada banyak ragam kuliner khas yang lezat. Hampir, disetiap tempat wisata disana selalu ada khas kuliner favorit wisatawan.

Lalu, dimana saja tempat wisata di Kota Solo ini ? Nih, tak perlu lama-lama dibawah ini ada ulasannya yang diambil dari beberapa sumber di Instagram. Simak ya !

Pura Mangkunegaran

Pertama, kamu wajib mengunjungi tempat wisata Pura Mangkunegaran ketika akan berlibur ke Kota Solo. Asal nama dari tempat ini berasal dari Bahasa Jawa yang artinya Istana atau kerajaan untuk kata “pura”. Tempat ini juga merupakan pusat kebudayaan di Kota Solo.

Ada beragam koleksi berharga yang ada didalam istana/pura ini yang dipercaya merupakan peninggalan kerajaan Mataram dan Majapahit. Pura Mangkunegaran di bangun pada 1757 dengan sejarah yang cukup Panjang. Ketika kamu menjelajahi pura ini akan ditemani oleh satu guide. 

 

Tiket masuk yang perlu kamu persiapkan kisaran Rp 20.000 untuk wisatawan domestic dan Rp 40.000 untuk wisatawan asal luar negeri.

Taman Balekambang

Tempat berikutnya yang jangan dilewatkan ketika berlibur ke Kota Solo adalah Taman Balekambang. Taman ini merupakan salah satu diantara taman kota yang ada di Solo dan menjadi lokasi favorit untuk berlibur bersama dengan keluarga.

Di taman ini, kamu bisa bersantai bersama keluarga dan membiarkan anak-anak bermain dengan bebas. Kamu bisa bermain outbond, bermain di mini zoo dan ada konservasi tanaman, serta ada sejarah dan panggung seni budaya.

Taman Balekambang juga memiliki banyak jenis pohon sebut saja pohon apel, cokelat, beringin, kenari dan ada banyak pohon yang lainnya juga. Lokasi taman ini di Jalan Balekambang Nomor 1, Manahan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

Untuk masuk ke Kawasan ini gratis, jadi kamu bisa sedikit menghemat pengeluaran. Akan tetapi, untuk parkir kamu harus menyiapkan biaya sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Benteng Vestenberg

Tempat wisata berikutnya ada unsur sejarahnya yaitu Benteng Vestenberg. Benteng ini didirikan pada zaman Hindia Belanda pada tahun 1774 sampai 1779. Tapi, gerbang benteng ini tidak dibukan setiap hari, benteng ini dibuka hanya ketika ada acara saja. Tapi, kamu tetap bisa berkunjung kesini untuk melihat dan berfoto dengan background benteng.

Tidak jauh dari Benteng ini juga ada Gedung Joeang 45, disini juga kamu bisa dengan bebas berfoto di area sekitar Gedung. Gedung ini didesain bernuansa gayaa eropa. Benteng Vestenberg ini terletak di Kawasan Gladak, Surakarta.

Kali Pepe

 

Terakhir adalah tempat wisata Kali Pepe. Tempat wisata ini ketika menjelang Implek memiliki daya pikat sendiri, terkhusus untuk warga Solo disana. Di tempat ini ada banyak lampion berwarna merah dengan ornament khas bangsa Tionghoa. Tempat wisata Kali Pepe ini berupa sungai yang membelah Kota Solo, tapi disini juga tersedia wahana air pada halam hari.

Kamu bisa berkeliling disungai dengan menggunakan perahu yang disediakan. Perahu juga dilengkapi dengan hiasan ornament khas imlek. Jika kamu tertarik untuk berwisata ke Kali Pepe, kamu bisa langsung datang ke Solo dan langsung menuju Kawasan Sudiroprajan pada sore harinya.

Itu dia 4 wisata yang ada di Solo dan tempat wisata tersebut tidak kalah menarik untuk dikunjungi ketika berkunjung ke Solo. Selain menyajikan nuansa eksotik sejarah beberapa objek wisata juga menyajikan budaya yang kental disana. Bahkan, beberapa tempat wisata disana juga terjangkau bahkan ada yang gratis. 

Bagaimana ? ingin menepi sejenak dari hiruk pikuk Kota Jakarta untuk berlibur ? Yuk persiapkan dari sekarang, untuk bisa ke solo sekarang sangat mudah loh.Ada banyak moda transportasi salah satunya dengan pesawat. Kamu bisa pesan tiket pesawat murah di Traveloka untuk ke Kota Solo, mudah bukan ?

Agar tidak kejebak macet dan tertinggal pesawat ketika akan ke Bandara Soekarno Hatta, kamu bisa menggunakan kereta bandara untuk menuju bandara. Sehingga lebih cepat dan nyaman, tidak kejebak macet. Selamat berlibur ya !

SPORT
Eksklusif: Perjalanan Ridho Al Ikhsan Pemain Timnas Asal Tangerang Bawa Indonesia Juara Piala AFF U-16

Eksklusif: Perjalanan Ridho Al Ikhsan Pemain Timnas Asal Tangerang Bawa Indonesia Juara Piala AFF U-16

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:27

TANGERANGNEWS.com-Muhammad Ridho Al-ikhsan yang masuk dalam skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 ternyata merupakan warga asal Tangerang.

KOTA TANGERANG
Upacara HUT 77 RI di Ahmad Yani Tangerang Diwarnai Insiden Tak Terduga

Upacara HUT 77 RI di Ahmad Yani Tangerang Diwarnai Insiden Tak Terduga

Rabu, 17 Agustus 2022 | 11:06

TANGERANGNEWS.com-Pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Lapangan Ahmad Yani, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, diwarnai dengan insiden tidak terduga, Rabu, 17 Agustus 2022.

TANGSEL
Satpol PP Tangsel Razia Prostitusi Jaring 27 Perempuan dan 16 Lelaki, Open BO Tarifnya Rp800 Ribu

Satpol PP Tangsel Razia Prostitusi Jaring 27 Perempuan dan 16 Lelaki, Open BO Tarifnya Rp800 Ribu

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:13

TANGERANGNEWS.com-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar razia prostitus di tiga hotel wilayah Tangsel pada Sabtu, 13 Agustus 2022 dini hari.

MANCANEGARA
232 WNI Jadi Korban Penyekapan dan Penipuan di Kamboja

232 WNI Jadi Korban Penyekapan dan Penipuan di Kamboja

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:30

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 232 warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban penyekapan dan penipuan di Kamboja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill