Connect With Us

Viral Video Gunung Semeru Disebut Bocor, PVMBG Angkat Bicara

Tim TangerangNews.com | Senin, 20 Desember 2021 | 15:40

| Dibaca : 520

Viral video Gunung Semeru disebut bocor di media sosial. PVMBG memberi penjelasan. (@TangerangNews / Tangkapan layar TikTok)

TANGERANGNEWS.com–Gunung Semeru di Jawa Timur yang baru-baru ini erupsi masih terus menjadi sorotan masyarakat luas.  Di tengah sorotan publik, beredar sebuah video mengenai Gunung Semeru yang disebut bocor dari tengah.  

Video viral di media sosial TikTok yang diunggah @Jhony Vanbejhon itu dengan menyertakan narasi sebagai berikut: “Waspada..!!! Semeru bocor dari tengah semakin NYATA bahkan keluar wedus gembelnya,” tulis akun tersebut.

Pihak pengunggah video pun melampirkan video dengan keterangan “Detik detik Semeru BOCOR dari tengah gunung”. Unggahan tersebut hingga Senin 2 Desember 2021 pagi, telah disukai lebih dari 23.300 pengguna.

Lantas bagaimana kebenaran dari narasi unggahan video itu?

Subkoordinator Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat dari Pusat Vulakonologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Nia Haerani angkat bicara mengenai viralnya video tersebut. 

Nia menyatakan bahwa apa yang terlihat dalam video viral itu bukan menunjukkan kebocoran Gunung Semeru dari tengah gunung. “Bukan (kebocoran Gunung Semeru).

Itu yang disebut awan panas guguran. Batuan (aliran lava) yang keluar dari puncak mengendap di lereng karena tidak stabil kemudian turun lagi,” kata Nia, Minggu 19 Desember 2021, seperti dikutip dari Kompas.

Oleh karena batuan tersebut masih panas di bagian dalamnya, maka keluar abu seperti yang terlihat di video. “Jadi asapnya bukan dari dalam tubuh gunung, tapi dari permukaan,” jelas Nia.

OPINI
Lato-lato yang Berkeseimbangan Tarif Pajak yang Berkeadilan

Lato-lato yang Berkeseimbangan Tarif Pajak yang Berkeadilan

Jumat, 6 Januari 2023 | 00:07

TANGERANGNEWS.com-Akhir-akhir ini sedang viral permainan lato-lato di masyarakat di sela-sela sedang maraknya game online. Permainan ini sangat digemari oleh anak-anak di Indonesia.

WISATA
Steak Tenda Pinggir Jalan di Tangerang Ini Sehari Laku 200 Porsi

Steak Tenda Pinggir Jalan di Tangerang Ini Sehari Laku 200 Porsi

Minggu, 29 Januari 2023 | 18:26

TANGERANGNEWS.com-Kuliner daging steak umumnya disajikan di tempat yang mewah dan tamak glamor seperti restoran. Namun, berbeda dengan salah satu tempat makan steak di Tangerang.

MANCANEGARA
Mengerikan, Mobil Ini Dikemudikan Sopir Tanpa Kepala

Mengerikan, Mobil Ini Dikemudikan Sopir Tanpa Kepala

Kamis, 8 Desember 2022 | 15:02

TANGERANGNEWS.com-Beredar video yang viral di media sosial twitter memperlihatkan sebuah mobil masih melaju secara perlahan, meski dikendarai oleh sopir tanpa kepala.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill