Connect With Us

Fahri Hamzah Usul Bubarkan Fraksi di DPR

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 14 Januari 2022 | 13:09

Fahri Hamzah. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah, mengusulkan agar mengusulkan agar fraksi-fraksi di DPR dibubarkan.

Alasannya fraksi adalah kepanjangan tangan dari partai politik. Keberadaan fraksi di DPR selama ini membuat kamar legislatif menjadi tidak berfungsi.

"Keberadaan fraksi justru hanya menjadi alat kepentingan elit dan ketum partai politik. Tidak untuk rakyat atau konstituen. Jadi berbicara reformasi politik, menghapus fraksi di DPR diantara yang paling penting kita lakukan," katanya seperti dilansir dari Viva, Jumat 14 Januari 2022.

Mantan Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019 ini mengaku semasa menjabat di parlemen, fraksi melarang dirinya untuk melakukan sesuatu.

Ketika itu dia masih di partai lama. Partainya yang sudah dipengaruhi oligarki memintanya melakukan tindakan yang bertentangan dengan kehendak rakyat. Karena melawan, Fahri akhirnya dipecat. 

"Saya sendiri memiliki yurisprundensi, makanya waktu itu saya melawan kendali partai, karena berpotensi mendistorsi kehendak rakyat menjadi kehendak parpol. Ini yang mesti kita lawan ke depan," katanya.

Menurut dia, anggota DPR seharusnya menjadi wakil rakyat. Bukan lagi wakil partai politik. Maka jika sekarang cenderung membela partai politik, hal ini cukup membahayakan. 

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research Pangi Syarwi Chaniago menjelaskan, keberadaan fraksi memang untuk memudahkan komunikasi dalam mengambil keputusan.

Sehingga tidak menimbulkan kegaduhan di dalamnya. Karena itu, Pangi setuju keberadaan fraksi dihapuskan.

Karena menurutnya, selain tidak terlalu bermanfaat, fraksi lebih berpihak kepada kepentingan elit, ketimbang masyarakat.

"Itu artinya yang menjadi menjadi penyebab kenapa presiden sangat mudah mengendalikan DPR kita, karena bisa mengendalikan partai politik, termasuk fraksi di dalamnya bisa dikendalikan," sambungnya.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

HIBURAN
Diduga Narkoba, Chandrika Chika 'Papi Chulo' Ditangkap Polisi 

Diduga Narkoba, Chandrika Chika 'Papi Chulo' Ditangkap Polisi 

Rabu, 24 April 2024 | 07:56

Selebgram dan Tiktoker cantik yang sempat viral lewat joget Papi Chulo, Chandrika Chika diamankan polisi usai diduga terlibat penyalahgunaan narkoba.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill