Connect With Us

Percepat Vaksin Booster di Jabodetabek, Luhut: Teater Perang Sesungguhnya Lawan Covid-9

Tim TangerangNews.com | Jumat, 21 Januari 2022 | 09:28

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (@TangerangNews / Kemenko Marves)

TANGERANGNEWS.com-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mengakselerasi vaksinasi booster untuk mengantisipasi gelombang Covid-19 varian Omicron.

Luhut yang juga Koordinator PPKM Jawa dan Bali menyebutkan, kasus Covid-19 saat ini sebagian besar terjadi di Jabodetabek yang capaian vaksinasi dosis 1 dan 2 sudah tinggi. Untuk itu, kata dia, vaksinasi booster harus segera dikejar di daerah Jabodetabek.

"Hari ini teater perang sesungguhnya akibat peningkatan kasus terjadi di wilayah Jabodetabek. Untuk itu saya minta Provinsi DKI, Banten, dan Jawa Barat segera mengakselerasi vaksinasi booster," ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Jumat Jumat, 21 Januari 2022 .

Menurut Luhut, mengingat wilayah Jabodetabek adalah pusat mobilitas maka penyebaran kasus ke provinsi lain dapat terjadi dengan lebih cepat.

Ia mengingatkan, meskipun belum terjadi peningkatan signifikan di provinsi lain, namun provinsi lain juga harus tetap bersiap. "Hingga saat ini angka kematian tetap terjaga meskipun terjadi peningkatan kasus," ucapnya.

Meski begitu, sambung Luhut, bila melihat pengalaman negara lain, perawatan rumah sakit dan tingkat kematian dapat meningkat ketika kasus naik berkali-kali lipat. "Upaya flattening the curve atau memperlandai kenaikan kasus positif harus dilakukan untuk mengurangi beban sistem kesehatan,” kata dia.

Luhut menekankan, kuncinya adalah penegakan protokol kesehatan dan akselerasi vaksinasi di tiap daerah.  Ia juga meminta Panglima TNI dan Asops Kapolri untuk kembali menyiapkan isolasi terpusat di setiap daerah.

Lebih lanjut, Luhut pun mengingatkan seluruh kepala daerah, baik bupati, wali kota, Pangdam, Kapolda, dan seluruh jajaran di bawahnya untuk jujur terhadap data kasus Covid-19.

“Jangan ada yang ditutupi agar segera dapat ditentukan langkah yang benar dan terukur,” tutur Luhut yang juga menjabat Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill