Connect With Us

Ada Lonjakan Kasus Covid-19, Segera Tarik "Rem Darurat" 

Tim TangerangNews.com | Minggu, 6 Februari 2022 | 06:00

Ilustrasi kasus Covid-19 di Indonesia. (@TangerangNews / Shutterstock)

TANGERANGNEWS.com–Kasus Covid-19 terus meningkat tajam di berbagai daerah di Indonesia. Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan Covid-19, Hidayatullah Muttaqin menyarankan pemerintah segera menarik "rem darurat" karena adanya lonjakan kasus Covid-19 terutama akibat penyebaran varian Omicron.

Muttaqin menekankan bahwa Indonesia saat ini sudah diambang ancaman gelombang ketiga pandemi Covid-19. “Maka segera lakukan pengetatan kembali mobilitas masyarakat," ujarnya di Banjarmasin, Sabtu 5 Februari 2022, seperti dikutip dari Antara.

Ia mencontohkan seperti di Kalimantan Selatan, situasi kini mencemaskan. Berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat, pada Sabtu ini jumlah warga yang dikonfirmasi Covid-19 bertambah sebanyak 250 kasus.

Menrutnya, pertambahan kasus tersebut naik sebanyak 1,6 kali lipat dari kasus pada Kamis 3 Februari lalu  dan 22,5 kali lipat dari kasus 10 hari sebelumnya, yaitu 11 kasus konfirmasi. Dengan demikian per tanggal 5 Februari 2022 sudah ada 979 pasien dalam perawatan.

Muttaqin menyebut ada tiga faktor penyebab lonjakan kasus Covid-19 di Kalimantan Selatan dalam satu pekan terakhir. Pertama, tren kenaikan imbas dari ledakan kasus Covid-19 yang terjadi di tingkat nasional sebagai akibat masuk dan menyebarnya varian Omicron di mana titik episentrumanya Jakarta.

Sebagai ibu kota negara, kata dia, Jakarta jadi pusat kegiatan ekonomi dan mobilitas nasional, sehingga ledakan Covid-19 yang terjadi kemudian menyebar ke berbagai daerah di Indonesia termasuk Kalimantan Selatan.

Kedua, pelonggaran yang telah dilakukan dan dimulainya pembelajaran tatap muka mendorong lonjakan mobilitas penduduk.

Muttaqin merujuk data Google, rata-rata perubahan mobilitas penduduk Kalimantan Selatan di tempat kerja pada Januari 2022 meningkat 8,5 persen dibandingkan Desember 2021.

Kemudian mobilitas taman dan ruang publik juga meningkat rata-rata 3,1 persen. Sedangkan transportasi naik 1,8 persen. Adapun mobilitas ritel dan rekreasi turun 3,2 persen dan toko bahan pangan juga turun 2,2 persen.

Ketiga, euforia pelonggaran kegiatan sosial ekonomi dan kemasyarakatan mendorong semakin lemahnya kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan dan kurangnya edukasi untuk meningkatkannya.

Muttaqin menegaskan, jika pemerintah daerah terlambat melakukan langkah-langkah mitigasi, maka potensi transmisi Covid-19 akan semakin cepat dan masif.

Begitu pula penyebarannya akan semakin meluas dari pusat ke daerah, dari Banjarmasin ke berbagai kabupaten di Kalimantan Selatan. "Pilihan ini memang tidak mudah dan menyebabkan kerugian sosial ekonomi masyarakat. Tetapi kita tidak punya pilihan lebih baik selain menyelamatkan nyawa dan kesehatan rakyat," ujar dia.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

NASIONAL
Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Selasa, 23 April 2024 | 18:43

PT PLN (Persero) sepenuhnya mendukung Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 untuk memperkuat kolaborasi dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill