Connect With Us

Jokowi Ritual di IKN, Cendekiawan Muslim: Membawa ke Magis dan Mistis

Tim TangerangNews.com | Senin, 14 Maret 2022 | 10:05

Presiden Jokowi memimpin ritual Kendi Nusantara di Titik Nol IKN, Senin 14 Maret 2022 pagi. (@TangerangNews / YouTube/Sekretariat Presiden)

TANGERANGNEWS.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara pada Senin 14 Maret 2022. Kalangan cendekiawan dan akademisi menilai hal tersebut tidak memiliki dasar dan cenderung bersifat mistis.

Cendekiawan muslim Azyumardi Azra mengaku tidak mengerti tujuan dari ritual yang melibatkan Jokowi itu. "Saya tak paham maksudnya, hanya saja ritual itu seolah membawa IKN ke masa magis dan mistis di masa silam," ujar Azyumardi Azra seperti dikutip dari Tempo, Senin 14 Maret 2022.

Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu juga menilai ritual ini juga tidak membawa IKN ke metaverse atau masa depan yang dibayangkan. "Yang lebih relevan dan kontekstual untuk membawa negara-bangsa Indonesia ke alam kemajuan peradaban iptek (ilmu pengetahuan)," tutur Azyumardi.

Kritikan terhadap ritual itu pun disampaikan Sosiolog Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun yang mengaku dirinya prihatin melihat praktik irasionalitas yang dilakukan pemerintah ini.  "Untuk apa itu? Bawa hal-hal yang mistis di dalam politik, di dalam urusan negara," ucap Ubedilah. 

Menurut Ketua Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI) periode 2020-2022 ini, ritual semacam ini menunjukkan Jokowi masih mempercayai hal-hal irasional dalam pekerjaan modern seperti pembangunan IKN. 

Ubedilah menilai kegiatan semacam ini sebagai sebuah kemunduran dalam peradaban politik Indonesia.

Jokowi dijadwalkan melakukan ritual Kendi Nusantara, yaitu menyatukan air dan tanah dari 34 provinsi Indonesia di titik nol Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara sekitar pukul 09.45 WITA hari ini, Senin 14 Maret 2022. Air dan tanah yang akan disatukan tersebut sebelumnya telah dibawa oleh para gubernur masing-masing provinsi.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan, Jokowi akan memasukkan air dan tanah tersebut ke dalam satu wadah gentong sebelum kemudian disiramkan ke lahan IKN.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill