Connect With Us

2023 Mulai Dibangun, Ada 49 Titik Stasiun MRT Fase 3 Cikarang-Balaraja

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 13 April 2022 | 18:35

MRT Jakarta. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Proyek pembangunan MRT Fase 3 Timur-Barat yang menghubungkan Cikarang-Balaraja, rencananya akan dimulai pada tahun 2023. Rencananya proyek yang diperkirakan menghabiskan biaya konstruksi sebesar Rp 160 triliun ini akan dilengkapi dengan 49 stasiun.

"Proyek MRT Koridor Timur Barat diproyeksikan membangun 49 stasiun dan juga sekaligus pengembangan kawasan Transit Oriented Development (TOD)," ujar Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Rendi Alhial seperti dilansir dari Kompas, Selasa 12 April 2022.

Menurutnya, untuk penentuan kontraktor MRT, pihaknya masih melakukan penjajakan dengan beberapa pihak. “Kami juga tengah menyiapkan pre-feasibility study, feasibility study sehingga bisa mengusulkan format proyeknya seperti apa," jelas Rendi.

Karena target biaya sangat besar, maka proyek ini kemungkinan akan dibiayai melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Secara ekonomi MRT Jakarta sebagai inisiator proyek akan mengupayakan feasible untuk masuknya investasi swasta melalui skema KPBU," tambah Rendi.

Dari total 49 stasiun ini, 23 titik di antaranya berada di wilayah Jakarta, yakni Kalideres, Rawa Buaya, Kembangan, Kembangan 2, Pesing, Grogol, Roxy, Petojo, Cideng, Thamrin, Kwitang, Senen, Galur, Cempaka Baru, Sumur Batu.

Kemudian Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading Timur, Perintis, Pulo Gadung, Penggilingan, Cakung Barat, Pulogebang dan Ujung Menteng. 

Sedangkan 26 stasiun lainnya yang masuk wilayah Cikarang di Bekasi, dan Balaraja di Tangerang. Titiknya masih dalam kajian.

MRT Fase 3 Timur-Barat ini menghubungkan tiga provinsi yakni Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Dengan rute lintas provinsi ini, diharapkan MRT dapat mengangkut penumpang hingga 1,2 juta orang per hari.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill