Connect With Us

Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 Diperkirakan 29 April

Tim TangerangNews.com | Selasa, 26 April 2022 | 15:34

Suasana arus lalu lintas di jalan tol. (@TangerangNews / Antara/HO-Jasa Marga)

TANGERANGNEWS.com - PT Jasa Marga (Persero) memperkirakan peningkatan volume lalu lintas arus mudik Lebaran 2022 di ruas tersebut akan mencapai puncaknya pada H-3 atau tanggal 29 April 2022 apabila dibandingkan dengan kondisi normal.

Sedangkan peningkatan volume lalu lintas pada periode arus balik, kata Pgs. General Manager Representative Office 2 Citra Maharani dalam keterangan tertulisnya, Selasa 26 April 2022, diprediksi terjadi pada H+5 atau tanggal 8 Mei 2022.

Ia menegaskan, oleh karena itu Jasa Marga Metropolitan Tollroad memastikan kesiapan tiga ruas tol, yakni Tol Jakarta-Tangerang, Ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit, dan Ruas Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2022.

"Lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan berada di titik-titik antara lain pada Ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit di Simpang Susun (SS) Cawang arah Timur, GT Tomang, dan GT Halim, serta pada Ruas Tol Prof. Dr. Ir Soedijatmo potensi kepadatan akan terjadi di GT Cengkareng dan GT Kapuk," ungkap dia.

Adapun pada Ruas Tol Jakarta-Tangerang titik kepadatan di antaranya adalah dampak kepadatan GT Cikupa arah Merak, dampak kepadatan di GT Tomang dan akses masuk serta akses keluar rest area.

Citra menyebutkan, untuk menghadapi peningkatan volume lalu lintas, Jasa Marga juga menyiapkan peningkatan layanan transaksi. Peningkatan transaksi yang dilakukan dengan memastikan pengoperasian gardu dan keberfungsian peralatan tol 100 persen, pengoperasian gardu OAB (Oblique Approach Booth), dan menyiagakan personel tambahan bantu tapping serta mobile reader untuk antisipasi kepadatan di gerbang tol.

Selain itu, pengguna jalan dapat menggunakan fasilitas pengisian e-Toll di Kantor GT Kapuk, Akses Pluit, Rest Area KM 13+500 arah Tangerang, dan KM 14+000 arah Jakarta serta penyediaan kartu perdana e-Toll di beberapa GT yaitu di GT Tomang, GT Halim, GT Cililitan, GT Senayan, GT Kapuk, dan GT Cengkareng.

Pada layanan lalu lintas, Jasa Marga juga mengupayakan penempatan kendaraan operasional dan petugas pada lokasi potensi kepadatan, memastikan kendaraan layanan operasional dalam kondisi baik, serta sarana dan prasarana penunjang dipersiapkan secara maksimal dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19 bagi petugas maupun pengguna jalan.

Lebih jauh dia mengungkapkan, Jasa Marga telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) sebagai penyedia jasa layanan operasional tol, untuk melakukan rencana bertindak sebagai langkah antisipasi kepadatan dengan penempatan rambu VMS & Prisma, VMS Mobile, serta rekayasa lalu lintas secara situasional.

"Rekayasa dilakukan antara lain pada lokasi SS Tomang, SS Cawang arah Cikampek, SS Kembangan, dan Akses keluar serta akses masuk Rest Area apabila terjadi kepadatan pada situasi tertentu," terang Citra.

Selain itu, pada layanan konstruksi, untuk memberikan kelancaran berkendara, pekerjaan pemeliharaan yang berpotensi menimbulkan kepadatan lalu lintas di jalan tol akan dihentikan sementara sejak H-10 sampai dengan H+10 selama periode libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Jasa Marga bersama PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) juga menyiagakan petugas siaga tutup lubang dan petugas lainnya, memastikan kondisi saluran pembuangan dalam keadaan baik serta penyiagaan pompa mobile guna mengantisipasi adanya genangan di jalan tol, menyiagakan water tank untuk kesediaan air bersih dan antisipasi kebakaran.

Untuk menghadapi pengguna jalan yang akan beristirahat di Rest Area, Jasa Marga bersama PT Jasamarga Related Business (JMRB) juga memastikan kesiapan pelayanan di Rest Area dengan memastikan setiap Rest Area menerapkan protokol kesehatan antisipasi penyebaran Covid-19, penambahan fasilitas toilet portabel di Rest Area, serta melakukan pengaturan parkir kendaraan.

Pengguna jalan diminta untuk melakukan pembaharuan informasi lalu lintas di jalan tol dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, di Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill