Connect With Us

Hasil Survei, Airlangga Capres Teratas Dipasangkan dengan Ganjar atau Anies

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 1 September 2022 | 14:45

| Dibaca : 83

Potret Airlangga Hartarto dan Anies Baswedan. (@TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Survei Warna Institute menempatkan nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai calon presiden teratas jika dipasangkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maupun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif Warna Institute Rinjani Dwi Harini menuturkan, dalam simulasi Airlangga-Ganjar, pasangan calon ini dipilih terbanyak responden dengan 40,8 persen.

“Jika dipasangkan sebagai capres dan cawapres, didapati dari hasil survei pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo menjadi pasangan yang paling banyak dipilih dengan tingkat keterpilihan 40,8 persen,” tutur Rinjani dalam paparan surveinya, Kamis, 1 September 2022.

Di simulasi ini, paslon urutan kedua ditempati Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar dengan 20,1 persen. Sementara di urutan ketiga, muncul nama pasangan Anies Baswedan-Puan Maharani yang dipilih sebanyak 16,2 persen dari 2.200 responden. 

Rinjani menambahkan, dalam simulai tiga nama lain, Airlangga yang dipasangkan dengan Anies Baswedan juga menjadi paslon paling banyak dipilih. Airlangga-Anies dipilih sebanyak 32,4 persen responden.

Sementara di urutan kedua, Prabowo Subianto-Andika Perkasa dipilih sebanyak 31,1 persen, disusul Ganjar Pranowo-Puan Maharani dengan 20,3 persen.

Menurut Rinjani, kemenangan Airlangga ini didukung dengan elektabilitas Ketum Golkar yang tinggi dalam survei yang sama. Warna Institute menemukan, sebanyak 29,2 persen responden memilih Airlangga jika pilpres digelar saat survei.

Di urutan kedua, muncul nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra yang dipilih 24,7 persen responden.

Di urutan selanjutnya, muncul nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan 10,7 persen, Ganjar Pranowo (6,2 persen), dan Anies Baswedan (4,2 persen).

Tingginya elektabilitas Airlangga ini dipengaruhi dengan penilaian publik terkait kinerja para tokoh publik. Pada pertanyaan ‘tokoh mana yang kebijakan dan programnya paling dirasakan memberi dampak pada kehidupan masyarakat?’ nama Airlangga muncul di urutan teratas dengan 79,4 persen jawaban responden.

“Airlangga Hartarto dinilai sebagai tokoh bakal capres yang kebijakannya dan programnya banyak membantu masyarakat disaat kesulitan ekonomi keluarganya akibat dampak Covid-19 dan penanggulangan Covid-19. Hal ini tercermin dari 79,4 persen jawaban respoden,” ujar Rinjani.

Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto muncul di urutan kedua dengan 40,2 persen, dan Ketua DPR Puan Maharani di posisi ketiga dengan 40,2 persen. Temuan ini juga berkorelasi dengan tingkat kepuasan responden terkait kebijakan Pemerintahan Presiden Jokowi-Maruf Amin.

Tingkat kepuasan responden pada kinerja pemerintahan di bidang ekonomi mencapai 85,8 persen. Selanjutnya, 80,9 persen responden juga puas dengan kinerja bidang keamanan, 80,2 persen puas dengan kinerja bidang kesehatan, 74,9 persen puas dengan kinerja bidang pendidikan, dan 72,7 persen puas dengan penegakan hukum.

Survei Warna Institute digelar pada 12 hingga 24 Agustus 2022. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error sekitar 2,09 persen. Penentuan jumlah data yang disurvei mengunakan metode multistage random sampling.

PROPERTI
Keren! Pesawat Aeromodelling Ramaikan Penutupan Porprov VI Banten

Keren! Pesawat Aeromodelling Ramaikan Penutupan Porprov VI Banten

Selasa, 29 November 2022 | 23:34

TANGERANGNEWS.com-Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten, yang dimulai sejak 20 November 2022 di Kota Tangerang telah resmi ditutup.

AYO! TANGERANG CERDAS
Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Sabtu, 26 November 2022 | 17:29

TANGERANGNEWS.com-Stephanie, mahasiswi Universitas Pradita, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, berhasil memenangkan Lomba Maskot Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

TOKOH
Sita Ratnasari, Akuntan Cantik asal Karawaci yang Alih Profesi jadi Model Pengantin

Sita Ratnasari, Akuntan Cantik asal Karawaci yang Alih Profesi jadi Model Pengantin

Jumat, 18 November 2022 | 18:07

TANGERANGNEWS.com-Sita Ratnasari asal Bugel, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, membagikan sekelumit kisah hidupnya menjadi model pengantin.

NASIONAL
 Putri Wapres Luncurkan Buku Bahas Labelisasi Halal di Indonesia

Putri Wapres Luncurkan Buku Bahas Labelisasi Halal di Indonesia

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:51

TANGERANGNEWS.com-Siti Nur Azizah, putri ketiga Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin, meluncurkan karya buku terbarunya yang berjudul Towards Halal.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill