Connect With Us

PKB Kubu Gus Dur Koalisi dengan PDI-P

| Senin, 16 Februari 2009 | 00:29

NASIONALnews-PDIP Kota Surabaya bakal mempertemukan dua mantan presiden yakni Gus Dur dan Megawati Soekarnoputri di Surabaya pada 8 Maret, guna mensosialisasikan dukungan PKB ke PDIP pada masyarakat. Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Surabaya, Saleh Ismail Mukadar mengemukakan hal itu di Surabaya, Minggu, pada sosialisasi koalisi PDIP dan PKB pro Gus Dur yang dihadiri ratusan kader dari kedua parpol.

Pertemuan turut dihadiri putri Gus Dur, Yenny Wahid dan sejumlah tokoh PDIP dan PKB Jatim diantaranya Ketua DPW PKB Jatim pro Gus Dur, Hasan Aminudin (Bupati Probolinggo), dan Wakil Ketua DPD PDIP Jatim, Djarot Saiful Hidayat (Walikota Blitar) bersama sejumlah caleg PDIP.

"Gus Dur masih memiliki banyak pengikut di basis dan diharapkan pada pelaksanaan pemilihan legislatif nanti dapat mendulang suara secara signifikan," ujar Saleh seperti dikutip kompas.com. Ia mengatakan pertemuan Gus Dur dan Megawati bertujuan untuk menguatkan koalisi yang telah dibangun antara PKB pro Gus Dur-PDIP Kota Surabaya. .

Saleh mengatakan berdasarkan hasil survei yang dilakukan PDIP jumlah suara yang disumbangkan PKB pro Gus Dur memang tidak akan sebanyak 2004 lalu. "Pada saat itu PKB mampu meraih 11 kursi di DPRD Kota Surabaya. Diperkirakan pada Pemilu 2009 ini PKB akan menyumbangkan tujuh hingga delapan kursi," katanya.

Dia mengatakan penurunan suara PKB disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya hadirnya pecahan PKB yakni PKNU, namun demikian suara PKB tetap signifikan bagi PDIP.
Saleh mengatakan tolok ukur keberhasilan koalisi yang dibangun dapat terlihat dari perolehan suara yang diraih.

"Kalau perolehan suara PDIP mampu mendulang lebih dari 20 kursi di DPRD Kota Surabaya, maka dapat dikatakan koalisi yang dibangun dengan PKB pro Gus Dur berhasil," kata Ketua Komisi E DPRD Jatim itu. Sebaliknya apabila perolehan suara yang diraih PDIP kurang dari 20 kursi, ujar Saleh, maka koalisi yang dibangun kedua parpol mengalami kegagalan.

Pada kesempatan tersebut Yenny Wahid mengatakan koalisi yang dibangun bertujuan untuk menyalurkan aspirasi politik konstituen PKB.

"Pada Pemilu 2009 mereka akan menggunakan jalur lain karena PKB sebagai kendaraan politik saat ini telah digunakan oleh orang lain. Ini koalisi taktis strategis lokal, untuk nasional masih belum," ujarnya.

Dia mengatakan koalisi tersebut tidak hanya dilakukan dengan PDIP Kota Surabaya saja karena juga dilakukan dengan sejumlah partai lain seperti Gerindra dan PAN, yang telah dilakukan di Solo, Bandung, Ciamis dan Tasikmalaya.(*)

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

TANGSEL
Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Sabtu, 20 April 2024 | 14:52

Seorang pria paruh baya ditemukan tewas gantung diri di sebuah bangunan bekas kantor Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

TEKNO
Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik Palsu, Kenali Bedanya 

Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik Palsu, Kenali Bedanya 

Sabtu, 20 April 2024 | 13:46

Penipuan dengan modus surat tilang elektronik palsu masih marak terjadi, terutama pascaarus mudik dan balik Lebaran 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill