Connect With Us

Segera Lakukan Hal Ini Jika Sepeda Motor Mogok karena Banjir

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:22

Jalan Barong di Kampung Pinang, Kelurahan Tigaraksa, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, sudah 3 bulan terendam banjir. (@TangerangNews / Dimas Wisnu Saputra)

TANGERANGNEWS.com-Curah hujan di Tangerang kembali tinggi selama beberapa hari hingga menyebabkan sejumlah titik terendam banjir.

Tangerang merupakan salah satu wilayah langganan banjir. Hujan sedikit saja maka air akan naik ke jalanan. Banjir tersebut akhirnya menganggu aktivitas, lantaran menyulitkan kendaraan yang melintas, terutama sepeda motor.

Tak jarang ketika banjir tiba, banyak pengendara sepeda motor yang memaksakan untuk melintas. Sebab, tidak banyak pilihan alternatif jalan lain. Hasilnya, sepeda motor yang dikendarai pun mogok.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, penyebab utama mesin tidak bisa berkerja alias mogok ialah karena busi terendam air. 

"Jika busi kemasukan air, maka tidak ada api di ruang bakar. Sementara bila dipaksa, ada kemungkinan air naik dan masuk ke ruang mesin," kata Endro seperti yang dikutip dari Kompas.com, Rabu, 5 Oktober 2022.

Saat keadaan seperti itu, pemilik kendaraan harus bersikap bijak. Kemudian ada kemungkinan juga sistem kelistrikan sepeda motor yang terendam banjir mengalami kerusakan apabila sepeda motor dipaksa untuk dihidupkan.

Potensi kerusakan dari air banjir juga dapat disebabkan karena masuknya air yang bercampur dengan oli mesin. Tentunya hal ini akan berdampak pada sirkulasi pelumasan pada mesin sepeda motor.

Ketika motor mogok akibat terendam air banjir, segeralah untuk melakukan pengecekan sepeda motor mulai dari bagian kelistrikan, saringan udara, busi, knalpot, baterai, hingga karburator jika sepeda motor belum injeksi.

Carilah tempat yang kering untuk sekedar membiarkan air yang membasahi bagian-bagian motor keluar dengan sendirinya. Lalu, bersihkan pula busi menggunakan kain kering dan bersih.

Apabila memungkinkan, disarankan untuk segera membawa motor tersebut ke bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih aman sehingga kondisi motor tetap baik.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill