Connect With Us

Peringati Hari Diabetes, Dokter di Tangerang Ungkap Tindakan yang Tepat Ketika Terdiagnosis

Fahrul Dwi Putra | Senin, 14 November 2022 | 13:35

Ilustrasi cek diabetes. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Hari ini, Senin 14 November 2022 diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia. Penyakit ini memang menjadi salah satu momok mengerikan yang mengintai banyak orang.

Di zaman kemajuan teknologi seperti saat ini, dengan segala sesuatunya yang serba instan menyebabkan perilaku hidup kurang sehat, seperti kurang gerak dan konsumsi gula yang berlebih. Ini merupakan salah satu faktor penyakit diabetes kian banyak menjangkit.

Kepala Puskesmas Karawaci Baru dr Dece Feriyeni mengungkapkan jika terdiagnosis diabetes melitus (DM), ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar penyakit ini, tidak menimbulkan dampak yang lebih besar.

“Pengidap diabetes mellitus yang tidak terkontrol dengan baik, dapat menyebabkan konsekuensi serius. Seperti menimbulkan kerusakan pada berbagi organ dan jaringan penting di dalam tubuh,” kata dr Dece.

dr Dece mengatakan, ketika terdiagnosis diabetes segeralah melakukan tindakan tepat dengan melakukan diet sehat, deng lebih banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi nutrisi dan serat, serta rendah lemak.

Pastikan juga untuk mengurangi lemak jenuh, kabohidrat olahan, dan segala hal yang kaya akan kandungan gula.

Menurut dr Dece, diet sehat pun perlu dibarengin dengan melakukan aktivitas fisik. Sebab, tindakan ini mampu membantu menurunkan kadar gula darah agar dapat diubah oleh tubuh menjadi energi. 

"Bisa lewat aktivitas yang disukai, seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda. Lakukan ini jadi rutinitas harian, sekitar 30 menit per hari. Mulai dengan pelan dan tingkatkan secara bertahap, agar tubuh siap terbiasa,” jelasnya.

Selain itu, pengidap diabetes disarankan untuk memantau gula darah setiap harinya. Pemeriksaan ini dilakukan sekali sehari dan sebelum atau setelah berolahraga. Jika mengonsumsi insulin, dapat melakukannya beberapa kali dalam sehari.

Umumnya pemantauan ini dilakukan dengan alat yang disebut pengukur glukosa darah, yang mengukur jumlah gula dalam setetes darah. 

“Pastikan rutin mengkonsumsi obat DM secara rutin sesuai aturan dokter, rutin kontrol ke faskes minimal satu bulan sekali,” tutupnya.

TEKNO
Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik Palsu, Kenali Bedanya 

Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik Palsu, Kenali Bedanya 

Sabtu, 20 April 2024 | 13:46

Penipuan dengan modus surat tilang elektronik palsu masih marak terjadi, terutama pascaarus mudik dan balik Lebaran 2024.

NASIONAL
Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 12:59

Libur Lebaran 2024 memang telah usai. Namun, ternyata masih ada dari kita yang memiliki sisa Tunjangan Hari Raya (THR) dan belum memanfaatkannya betul.

TANGSEL
Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Sabtu, 20 April 2024 | 14:52

Seorang pria paruh baya ditemukan tewas gantung diri di sebuah bangunan bekas kantor Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill