Connect With Us

Perhatikan 5 Tips Cegah Penyakit di Musim Hujan

Fahrul Dwi Putra | Senin, 14 November 2022 | 16:28

Ilustrasi sakit saat musim hujan. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Musim puncak hujan telah tiba dan melanda wilayah Tangerang. Selain banjir dan kemacetan, masalah lain yang ditimbulkan ialah penyakit pascahujan.

Untuk itu, dalam menghadapi musim hujan agar tidak terjangkit penyakit, perlu langkah pencegahan yang tepat. Berikut tips mencegah penyakit bawaan musim hujan seperti dilansir dari msn.com, Senin 14 November 2022:

 

Jaga kesehatan dengan selalu cuci tangan

Tangan merupakan tempat yang banyak didiami virus dan bakteri, jika tidak bersih bisa saja terserang flu.

Mikroorganisme penyebab penyakit ada di mana pun termasuk tangan, sehingga kebersihan tangan perlu diperhatikan lantaran untuk menghindari perpindahan mikroorganisme berbahaya dari lingkungan ke dalam tubuh.

Adapun untuk mencuci tangan perlu dilakukan dengan cara yang benar, yaitu menggosok seluruh permukaan tangan, jari dan kuku menggunakan sabun dengan waktu minimal 20 detik ya.

 

Mandi dengan sabun antiseptik

Sabun antiseptik dapat membantu tubuh agar terhindar dari risiko terkena penyakit oleh serangan kuman atau bakteri tak terlihat. Sabun antiseptik juga dapat membersihkan dan melindungi kulit kamu agar terasa higienis serta bersih.

Selain itu, agar lebih maksimal mandi dengan air hangat dapat menjadi pilihan. Sebab, dapat menghangatkan tubuh yang kedinginan dan mampu menyingkirkan semua kuman.

 

Jaga kualitas tidur

Tidur adalah kebutuhan yang penting untuk tubuh manusia. Sebab, tidur sama dengan memulihkan seluruh organ setelah beraktivitas seharian.

Atur waktu tepat waktu. Untuk anak prasekolah (3-5 tahun), waktu tidur yang ideal adalah antara 10-13 jam sehari.

Adapun untuk remaja (14-17 tahun) waktu tidur ideal antara 8-10 jam sehari) dan bagi orang dewasa waktu tidur idealnya sekitar antara 7-9 jam.

 

Selalu rajin olahraga

Langkah tepat untuk mencegah penyakit yang cukup efektif adalah dengan aktivitas olah fisik atau olahraga lantaran dapat memperkuat sistem imun.

Luangkan sedikit waktu untuk berolahraga sederhana agar mengeluarkan keringat, seperti jogging atau bersepeda selama 30 menit saja. 

Lakukan aktivitas ini ketika musim hujan sebanyak 5 kali dalam seminggu untuk menangkal serangan penyakit dan mengaktifkan sel darah putih.

 

Jaga kebersihan lingkungan

Lingkungan adalah aspek penting dalam menjaga kesehatan, lingkungan yang kotor terutama ketika musim hujan dapat menjadi sarang nyamuk.

Rutin bersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah bersarangnya penyakit serta basmi segala tempat berkembang biaknya nyamuk. 

Bersihkan seluruh celah dan sudut tempat air tersumbat yang membuat air tergenang dan bisa menjadi berkembang biaknya jentik nyamuk. Lakukan sistem 3M, yakni menutup, mengubur, menguras pada perlengkapan yang tidak berguna lagi.

Demikian beberapa tips untuk menjaga tubuh saat musim hujan agar tetap sehat dan bebas dari penyakit.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill