Connect With Us

Sejumlah Jalan di Tangerang Dibeton, Ini Perbandingannya dengan Jalan Aspal

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 16 Desember 2022 | 12:52

Kondisi kemacetan di Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, akibat proyek perbaikan jalan, Senin 31 Oktober 2022. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota/Kabupaten Tangerang Raya kompak tengah gencar melakukan perbaikan jalan di sejumlah titik.

Dari perbaikan jalan tersebut kerap menimbulkan kemacetan panjang, sehingga banyak dikeluhkan oleh para warga Tangerang yang merasa terganggu perjalanannya.

Warga Tangerang pun mempertanyakan urgensi dari perbaikan jalan tersebut yang dikerjakan saat akhir tahun. Padahal, seperti diketahui di wilayah Tangerang musim hujan biasanya jatuh setiap akhir tahun.

Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pada pada 13 November 2022 lalu, mengatakan perbaikan infrastruktur ini guna meningkatkan pelayanan dan keamanan bagi masyarakat pengguna jalan.

Ia pun meminta masyarakat agar bersabar terhadap proyek yang dicanangkan akan selesai pada 2023 ini.

"Kami sekali lagi memohon maaf kepada seluruh masyarakat ketika dilakukan perbaikan, nantinya akan terjadi kemacetan tetapi hanya sementara," katanya seperti dilansir dari republika.co.id, Jumat 16 Desember 2022.

Adapun beberapa titik ruas jalan yang dilakukan perbaikan jalan di antaranya Jalan Imam Bonjol Karawaci Kota Tangerang, Jalan Raya Legok-Karawaci Kabupaten Tangerang, dan Jembatan Harkit Kabupaten Tangerang.

Perbaikan jalan tersebut direkonstruksi ulang, yang semula merupakan diubah menjadi jalan beton.

Sebagai perbandingan, berikut adalah kelebihan dan keunggulan jalan beton dibandingkan jalan aspal seperti dikutip dari mobilagi.com, Jumat 16 Desember 2022.

 

Jalan Beton

Kelebihan jalan beton

- Dapat menahan beban kendaraan yang berat.

- Tahan terhadap genangan air dan banjir.

- Biaya perawatan lebih murah dibanding jalan aspal.

- Dapat digunakan pada struktur tanah lemah tanpa perbaikan struktur tanahnya terlebih dahulu.

- Pengadaan material lebih mudah didapat.

 

Kekurangan jalan beton

- Kualitas jalan beton sangat tergantung pada proses pelaksanaanya, misalnya pengeringan yang terlalu cepat dapat menimbulkan keretakan jalan. Untuk mengatasi hal ini dapat menambahkan zat kimia pada campuran beton atau dengan menutup beton pasca pengecoran dengan kain basah untuk memperlambat proses pengeringan.

- Untuk penggunaan pada jalan raya dengan kapasitas berat kendaraan yang tinggi, maka biaya konstruksi jalan ini lebih mahal dibanding jalan aspal, namun lebih murah pada masa perawatan. Kehalusan dan gelombang jalan sangat ditentukan pada saat proses pengecoran sehingga diperlukan pengawasan yang ketat.

- Proses perbaikan jalan dengan cara menumpang pada konstruksi jalan yang lama, sehingga menaikan ketinggian elevasi jalan, sehingga terkadang elevasi jalan lebih tinggi dibanding rumah disampingnya.

- Warnanya membuat suasana jalan menjadi keras dan gersang sehingga menimbulkan efek kehati-hatian bagi pengendara diatasnya.

 

Jalan Aspal

Kelebihan jalan aspal

- Jalan lebih halus, mulus dan tidak bergelombang sehingga enak dalam berkendara.

- Warna hitam aspal memepengaruhi psikologi pengendara menjadi lebih teduh dan nyaman.

- Untuk penggunaan pada jalan dengan lalu lintas kendaraan ringan, jalan aspal lebih murah.

- Proses perawatan lebih mudah karena tinggal mengganti pada area jalan aspal yang rusak saja, dengan cari menggali dan mengganti dengan yang baru pada area jalan yang rusak.

 

Kekurangan jalan aspal

- Tidak tahan terhadap genangan air, sehingga memerlukan saluran drainase yang baik untuk proses pengeringan jalan aspal pasca hujan atau banjir.

- Pada struktur tanah yang buruk harus dilakukan perbaikan tanah terlebih dahulu sebelum ditumpangi oleh konstruksi jalan aspal.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill