Connect With Us

Rahasia Dibalik Amalan Puasa di Bulan Sya'ban Sesuai Anjuran Sunah Nabi Muhammad

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 22 Februari 2023 | 14:50

Ilustrasi buka puasa (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Memasuki bulan Sya'ban 1444 tahun Hijriah bertepatan dengan hari ini, Rabu 22 Februari 2023, umat muslim seluruh dunia akan mulai melakukan amalan tertentu.

Sya'ban merupakan salah satu dari bulan mulia yang dicintai oleh Nabi Muhammad SAW. Selain itu, pada bulan ini juga catatan amal perbuatan manusia diserahkan kepada Allah SWT.

Pada bulan Sya'ban pun dikenal salah satu malam mulia yakni malam Nisfu Sya'ban yang jatuh pada pertengahan bulan.

Diriwayatkan, Nabi Muhammad SAW pun gemar berpuasa ketika memasuki bulan Sya'ban, karena itulah banyak umat muslim yang mulai berbondog-bondong melaksanakan amalan tersebut di bulan ini.

Pendakwah muda Ustaz Adi Hidayat mengatakan, puasa disebut-sebut sebagai salah satu amalan tingkat tinggi yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

"Dalam puasa kita akan terbiasa menjaga dua hal, satu menjaga amal saleh kita supaya konsisten ditingkatkan karena itu saat puasa kita senang baca Al-Qur'an dan senang sedekah, itu sudah otomatis," jelasnya.

Selain itu, puasa dapat menjadi sarana menjaga diri untuk tidak beramal salah. Oleh karena itu, orang-orang yang berpuasa akan cenderung menjaga diri dari perbuatan maksiat.

"Minimal dia (orang berpuasa) takut batal puasanya, karena itu orang puasa itu amalannya cenderung baik. Nah, kalau sudah baik (catatan amal manusia) disampaikan kepada Allah dalam keadaan yang terbaik," imbuhnya.

Adi Hidayat menuturkan, terdapat alasan Nabi Muhammad SAW terbiasa melaksanakan puasa di bulan Sya'ban yang telah beliau sampaikan dan ajarkan.

"Beliau terbiasa menunaikan puasa itu salah satunya, rahasia terbesarnya di angkat disampaikannya amalan langsung seorang hamba," pungkasnya.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill