Connect With Us

Musim Hujan Tangerang, Simak Tips Aman Berkendara saat Cuaca Ekstrem

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 28 Februari 2023 | 17:32

Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Rabu 27 April 2022. BMKG Jumat ini mengeluarkan peringatan hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia. (@TangerangNews / Antara)

TANGERANGNEWS.com- Cuaca ekstrem berupa hujan disertai angin kencang kerap mengguyur wilayah Tangerang dalam sepekan ini.

Kondisi cuaca ekstrem tersebut tentunya dapat menimbulkan potensi berbahaya saat berkendara terutama bagi pengendara motor.

Pasalnya, cuaca hujan dapat menyebabkan jalanan menjadi licin sehingga meningkatkan potensi kendaraan menjadi tergelincir dan terjatuh.

Selain itu, jarak pandang penglihatan pun akan menjadi berkurang sehingga mengganggu konsentrasi saat berkendara.

Meski tidak disarankan, namun jika terpaksa berikut adalah sejumlah tips aman berkendara saat cuaca ekstrem seperti dilansir dari kanal YouTube Humas Polda NTT, Selasa 28 Februari 2023.

 

Pastikan kondisi fisik dan tekanan angin ban optimal

Saat berkendara dalam cuaca ekstrem penting untuk memastikan kondisi fisik sedang prima, artinya tidak sedang dalam keadaan sakit, lelah, letih, atau seusai minum obat karena dapat mengganggu kemampuan dalam mengambil keputusan ketika situasi kritis.

Selain itu, pastikan kondisi tekanan angin ban dalam keadaan optimal. Sebab, saat cuaca hujan biasanya jalanan akan menjadi licin.

 

Gunakan jas hujan setelan (full body)

Jas hujan setelan full body berguna untuk melindungi diri dari guyuran hujan sehingga pakaian dan tubuh tidak basah.

 

Gunakan helm berkaca

Gunakan helm dengan standar nasional Indonesia (SNI) lengkap dengan kaca untuk melindungi kepala. Lebih dari itu, helm berkaca dapat membantu pandangan yang terhalang akibat guyuran air hujan.

 

Nyalakan lampu kendaraan

Untuk semakin membantu penglihatan saat berkendara ketika cuaca ekstrem, penting untuk menyalakan lampu kendaraan. Selain itu, lampu kendaraan berfungsi memberi tahu kendaraan lain yang berlawanan arah.

 

Jaga jarak aman kendaraan

Pastikan untuk selalu menjaga jarak aman dari kendaraan lain karena untuk meminimalisir potensi ikut terdampak kecelakaan.

 

Hindari genangan air

Dalam kondisi hujan, terdapat sejumlah genangan air. Hal ini sebaiknya dihindari lantaran bisa saja genangan tersebut merupakan lubang jalan yang dalam sehingga dapat menyebabkan tergelincir.

 

Kurangi kecepatan kendaraan

Tidak disarankan berkendara dengan kecepatan tinggi saat dalam kondisi cuaca ekstrem lantaran amat berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan.

 

Patuhi rambu lalu lintas

Rambu-rambu lalu lintas wajib untuk dipatuhi guna menjaga ketertiban dan keamanan dalam berkendara meski cuaca sedang ekstrem dan disertai angin kencang.

 

Itulah sejumlah tips berkendara di saat cuaca ekstrem, tetap waspada terhadap dampak bencana yang mungkin saja terjadi. Jangan berkendara saat cuaca ekstrem jika tidak ada keperluan mendesak dan genting.

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KOTA TANGERANG
Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Kamis, 25 April 2024 | 10:34

Plaza Shinta Cimone Kota Tangerang mulai kembali beroperasi usai sempat ditutup beberapa waktu lalu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill