Connect With Us

Perhatikan, Ini 3 Amalan Pokok di Bulan Ramadan

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 17 Maret 2023 | 11:56

Ilustrasi Ramadhan. (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS.com- Menyambut datangnya bulan suci Ramadan 2023/1444 Hijriah terdapat amalan pokok yang dapat dikerjakan.

Amalan pokok ini bahkan disebut sebagai kurikulum Ramadan ala Nabi Muhammad SAW yang beliau sampaikan kepada para sahabatnya ketika menjelang Ramadan tiba.

Pendakwah Adi Hidayat mengatakan, kurikulum Nabi ini dapat menjadi pedoman agenda amal saleh yang dapat dikerjakan selama bulan Ramadan.

"Nanti bikin agenda saat Ramadan, supaya tidak pusing nanti kalau masuk hari pertama apa yang dikerjakan, hari kedua apa yang dikerjakan, baik subuh, siang, dan sore," ujarnya.

Berikut adalah tiga amalan pokok di bulan Ramadan seperti dilansir dari kanal YouTube Adi Hidayat Official, Jumat 17 Maret 2023.

1. Meningkatkan Salat

Ketika memasuki bulan Ramadan hendaknya meningkatkan salat, artinya tidak hanya mengerjakan salat wajib, namun juga mengerjakan amalan salat sunah.

"Dari sekarang keluarkan semua jenis salat-salat sunah, keluarkan dari sekarang siang dan malamnya," kata Adi Hidayat.

Salah satunya ialah amalan salat sunah rawatib berjumlah 12 rakaat yang dibagi sesudah dan sebelum salat wajib, amalan salat ini dapat memperbaiki kesalahan saat salat wajib. 

2. Banyak Berinteraksi dengan Al-Qur'an

Terdapat sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk berinteraksi dengan Al-Qur'an, seperti membaca (Qira'ah) dan mengkaji atau tilawah.

"Supaya tidak capek, bagi satu juz dalam lima waktu salat. Contoh, juz pertama al-baqarah berjumlah 141 ayat, bagi lima jadi 28 ayat, kemudian setiap ketemu waktu salat bagi dua lagi menjadi 14 ayat. Maka, sebelum salat baca 14 ayat dan sesudah salat baca 14 ayat," jelasnya.

3. Infaq

"Nabi SAW adalah orang yang sangat luar biasa dermawan dan lembut, bertambah dermawan lagi ketika tiba Ramadan," kata Adi Hidayat mengutip hadist riwayat Ibnu Abbas.

Sebelum Ramadan tiba, siapkan anggaran yang dapat digunakan nanti meski hanya Rp30 ribu atau makanan. Pasalnya, barang siapa yang memberikan bukaan terhadap orang yang berpuasa maka akan mendapat pahala yang sama seperti orang berpuasa seperti dikutip dari hadist At-Tirmidzi.

"Yang paling minimal kita bisa keluarkan, itu pahalanya 700 kali lipat dikali 10, dalilnya dari al-baqarah ayat 261, maka dari itu disiapkan dari sekarang untuk infaq," pungkasnya.

 

Itulah tiga amalan pokok selama bulan Ramadan agar mendapat pahala, berkah, dan rahmat yang melimpah di bulan yang mulia. Semoga bermanfaar!  

MANCANEGARA
Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Senin, 22 April 2024 | 10:02

Kehadiran 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) selama masa mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah dinilai sangat membantu para pemudik, khususnya pengguna kendaraan listrik.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

KAB. TANGERANG
Pasca Kebocoran Pipa WTP Sampora Tangerang, Warga BSD Masih Kesulitan Air Bersih

Pasca Kebocoran Pipa WTP Sampora Tangerang, Warga BSD Masih Kesulitan Air Bersih

Selasa, 23 April 2024 | 22:00

Warga di kawasan pemukiman Bumi Serpong Damai (BSD) City masih kesulitan air bersih akibat dampak dari kebocoran pipa pada Water Treatment Plan (WTP) Sampora di Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill