Connect With Us

5 Cara Tetap Nyaman Berpuasa Bagi Penderita Maag dan GERD

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 24 Maret 2023 | 20:56

Ilustrasi gejala maag dan GERD saat puasa. (@TangerangNews / Ilustrasi)

TANGERANGNEWS.com-Saat bulan Ramadan seluruh umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa, yang berarti menahan hawa nafsu termasuk untuk makan dan minum.

Banyak isu bahwa orang yang memiliki gangguan kesehatan seperti maag maupun GERD dapat mengganggu jalannya ibadah puasa. 

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah kondisi ketika asam lambung naik dari perut menuju kerongkongan (refluks asam).

Sedangkan penyakit maag dalam dunia kedokteran disebut sebagai dispepsia/gastritis, yakni penyakit akibat peradangan di dinding lambung. Kondisi ini biasanya ditandai nyeri pada ulu hati.

Dua gangguan kesehatan ini tentu akan mengganggu bagi orang yang akan menjalankan ibadah puasa, karena berkaitan dengan sistem cerna dan pengaturan jadwal makan yang berubah.

Lalu, bagaimana dengan orang dengan penyakit maag ataupun GERD dalam menjalankan ibadah puasa?

Berikut adalah tips nyaman melakukan puasa bagi penderita maag juga GERD seperti dijelaskan dr. Dedy Sudrajat, SpPD-KGEH, Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital BSD, Jumat 24 Maret 2023.

 

1. Jangan makan berlebihan saat sahur dan berbuka

Makanlah secara perlahan dan secukupnya, karena makan makanan dalam jumlah banyak dan berlebih dalam satu waktu dapat membuat lambung bekerja keras.

Hindari konsumsi makanan yang mengandung asam, pedas, serta bersantan karena akan merangsang asam lambung keluar lebih banyak.

"Selain itu, kurangi juga makan makanan yang banyak mengandung gas seperti kubis atau kol, sawi, nangka. Hindari pula minuman berkafein seperti kopi, teh juga minuman bersoda," jelas dr. Dedy.

 

2. Konsumsi makan ringan saat mengawali berbuka puasa

Tidak makan dan minum selama satu hari membuat perut lapar dan kosong, tentunya kondisi ini membuat kita tidak sabar untuk langsung makan besar sebagai “balas dendam”. Namun itu merupakan tindakan yang salah.

Lambung memerlukan penyesuaian terlebih dahulu secara perlahan sehingga tidak kaget. Maka dari itu saat berbuka, awali dengan konsumsi makanan ringan, setelah itu lanjutkan dengan makan besar.

"Setelahnya cukup konsumsi camilan ringan dan sehat seperti pisang atau biskuit," kata dr. Dedy.

 

3. Makanlah secara perlahan 

Makanlah secara perlahan dan hindari makan sembari mengobrol. Makan yang terlalu cepat apalagi sambil berbicara menyebabkan banyak udara masuk ke saluran cerna dan memicu sakit maag.

 

4. Hindari tidur setelah makan

Perilaku ini biasanya dilakukan setelah makan sahur. Setelah makan sebaiknya tidak langsung tidur, hal ini akan membuat tekanan dalam lambung meningkat, sehingga makanan dan cairan lambung bisa naik ke kerongkongan.

Disarankan jika ingin tidur, 1-2 jam setelah makan sahur atau buka puasa.

"Jika terpaksa harus tidur setelah makan, maka posisi tidur sebaiknya dalam posisi setengah duduk sehingga mengurangi kemungkinan refluks asam lambung," ujar dr. Dedy.

 

5. Kendalikan emosi

Selain karena saat sedang menjalankan ibadah puasa, pengendalian emosi ini juga dapat menurunkan tingkat stress dengan cara yang positif dan baik seperti istirahat sejenak jika lelah serta lakukan teknik relaksasi ataupun latihan pernapasan.

Bagi yang memiliki gangguan kesehatan maag atau GERD yang akut tentunya akan mengubah waktu dalam konsumsi obat-obatan.

Hal ini bisa disiasati agar tidak kambuh dengan mengkonsumsi obat pereda maag mendekati waktu imsak, sesaat setelah berbuka puasa serta sebelum tidur.

Dengan mengkonsumsi obat secara rutin dan memperhatikan segala makanan yang dikonsumsi beserta polanya, diharapkan puasa yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

"Jangan lupa selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam guna mendapatkan pemeriksaan medis yang tepat," jelas dr. Dedy.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill