Connect With Us

Belajar dari Insiden Wanita yang Ditemukan Tewas di Bandara Kualanamu, Begini Tips Aman Jika Terjebak di Dalam Lift

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 30 April 2023 | 12:27

Hasil rekaman CCTV detik-detik sebelum korban terjatuh ke dasar lift Bandara Internasional Kualanamu (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Publik digegerkan dengan penemuan mayat seorang wanita oleh petugas otoritas  bandara di dasar lift area kedatangan Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, pada Kamis, 27 April 2023 lalu.

Diketahui korban bernama Aisiah Sinta Dewi, 38, warga Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan. Korban ditemukan dalam keadaan membusuk dengan bau yang menyengat setelah dilaporkan menghilang selama tiga hari.

Melansir dari merdeka.com, berdasarkan hasil rekaman CCTV diduga kuat korban tidak mengetahui letak akses pintu keluar lift lantaran terdapat dua pintu dalam satu ruangan lift yang saling berhadapan.

Korban justru membelakangi akses pintu keluar, terlihat dalam rekaman pintu tersebut sempat terbuka namun tidak lama tertutup kembali.

Korban pun panik dan berusaha membuka pintu lift yang ada di hadapannya. Padahal pintu tersebut bukan akses keluar lift di lantai dua.

Saat pintu lift terbuka, korban pun melangkah keluar dan langsung terperosok ke lorong dasar lift.

Belajar dari insiden tersebut, terdapat sejumlah tips yang dapat dilakukan jika terjebak dalam situasi serupa.

Tetap tenang dan jangan panik

Meskipun terjebak di dalam lift bisa membuat Anda merasa cemas, tetaplah tenang dan jangan panik. Panik hanya akan memperburuk situasi dan membuat Anda sulit untuk berpikir dengan jernih.

Tekan tombol alarm atau panggilan darurat di dalam lift

Hampir semua lift dilengkapi dengan tombol panggilan darurat atau alarm yang dapat digunakan untuk menghubungi operator lift. Tekan tombol tersebut dan bicaralah dengan operator untuk memberitahu mereka bahwa Anda terjebak di dalam lift.

Gunakan telepon di dalam lift untuk memanggil bantuan

Beberapa lift juga dilengkapi dengan telepon darurat yang dapat digunakan untuk memanggil bantuan. Gunakan telepon tersebut untuk menghubungi operator lift atau petugas keamanan.

Jangan mencoba membuka pintu lift sendiri

Jangan mencoba membuka pintu lift sendiri karena ini dapat sangat berbahaya. Lift hanya boleh dibuka oleh petugas keamanan atau operator lift yang dilatih untuk menangani situasi darurat.

Cari tempat yang aman di dalam lift

Jika terjebak di dalam lift dalam waktu yang lama, cari tempat yang aman di dalam lift. Hindari berdiri di dekat pintu lift atau di bawah lampu yang panas. Cobalah untuk tetap berada di tengah lift dan duduk atau berbaring jika perlu untuk merasa lebih nyaman.

Bersiaplah untuk menyampaikan informasi penting

Jika Anda berhasil menghubungi bantuan, bersiaplah untuk memberikan informasi penting seperti lokasi lift, jumlah orang yang terjebak, dan apakah ada orang yang membutuhkan perawatan medis. Informasi ini dapat membantu petugas keamanan atau operator lift untuk menangani situasi dengan lebih efektif.

Demikian beberapa tips jika terjebak dalam lift. Semoga bermanfaat dan tetap berhati-hati.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill