Connect With Us

Malas Ganti Pakaian Dalam, Hati-hati ‘Jamuran’

FER | Rabu, 31 Agustus 2016 | 08:13

| Dibaca : 559

Ilustrasi Gatal Karena Jamuran (Istimewa / TangerangNewsq)

 

TANGERANGNews.com-Malas mandi dan ganti pakaian dalam saat aktivitas sedang padat? Hati-hati, dalam jangka panjang hal ini bisa menimbulkan infeksi jamur terutama di area selangkangan.

Gejala awal yang muncul biasanya berupa gatal-gatal di area selangkangan dan organ intim.

"Gatal ini disebabkan oleh infeksi jamur, misalnya dalam bahasa kedokteran disebut tine cruris dan candida. Bisa juga akibat iritasi," ujar dr Eddy.

 

Menurut dr Eddy, faktor penyebab utamanya adalah cuaca yang lembab, serta aktivitas yang menyebabkan keringat berlebih. Hal ini jika dibarengi dengan malas mandi dan jarang mengganti pakaian dalam akan semakin membuat area selangkangan menjadi lembab dan mudah berjamur.

Untuk pengobatannya, biasanya dokter akan memberikan salep jamur yang dipakai dua kali sehari selama dua atau tiga pekan. Yang terpenting, meskipun gatal sebaiknya tidak digaruk karena dapat memperparah hiperpigmentasi. Terlebih jika tangan atau kuku yang dipakai untuk menggaruk tidak dalam kondisi bersih.

Kotoran atau bakteri yang menempel akan dengan mudah berpindah ke area infeksi dan membuat kondisinya menjadi semakin parah. Sebisa mungkin sambil diobati jagalah area selangkangan tetap bersih dan kering, salah satunya dengan mengganti pakaian dalam saat sedang basah dan banyak berkeringat.

Tagshealthy
AYO! TANGERANG CERDAS
Kini Binus Univesity Buka Program Studi Baru Program Profesi Insinyur

Kini Binus Univesity Buka Program Studi Baru Program Profesi Insinyur

Senin, 12 Juni 2017 | 11:00

TANGERANGNEWS.com- Binus University membuka studi baru yakni Program Profesi Insinyur (PPI). Theresia Hastuti, Marketing Communication Binus University mengatakan, hal itu seiring dengan rencana dari pemerintah yang gencar melakukan pembangunan infrastru

TANGSEL
Jelang Lebaran, Pewarta TV Tangsel Berbagi Sesama

Jelang Lebaran, Pewarta TV Tangsel Berbagi Sesama

Kamis, 22 Juni 2017 | 18:30

TANGERANGNEWS.com-Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H yang tinggal menghitung hari lagi membuat berbagai pihak berlomba-lomba mencari amal kebaikan dan saling berbagi selama bulan puasa Ramadan ini. Tak terkecuali yang dilakukan para pewarta televisi Tan

HIBURAN
Ada Hotel Hewan di Alam Sutera

Ada Hotel Hewan di Alam Sutera

Sabtu, 20 Mei 2017 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Berkembangnya zaman dan pesatnya teknologi yang signifikan membuat banyak perubahan pada kebiasaan-kebiasaan hidup manusia. Kebiasaan hidup manusia justru tidak menjadi hilang ditelan perubahan, tetapi malah mengalami sejumlah transforma

KAB. TANGERANG
Banser Tangerang Turut Mengurai Kemacetan di Bitung

Banser Tangerang Turut Mengurai Kemacetan di Bitung

Kamis, 22 Juni 2017 | 19:30

TANGERANGNEWS.com-Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tangerang mendirikan Posko mudik Banser 2017 di lokasi rawan kemacetan di Jalan Raya Serang, Bitung sejak Rabu (21/6/2017).

"Dalam diri kita terdapat kekuatan, tetapi rahasia kesuksesan adalah dengan menggunakan kekuatan dan bakat kita dan bersiap-siap menyambut ketika kesempatan datang."

Walter Matthews