Connect With Us

Kualitas Tidur yang Buruk Pengaruhi Remaja Risiko Kecanduan Alkohol

FER | Kamis, 22 September 2016 | 09:11

| Dibaca : 456

Ilustrasi Tidur (Istimewa / TangerangNews)

TANGERANGNews.com-Kualitas tidur sering dikaitkan dengan beragam aspek kesehatan. Beberapa penelitian menyebut kualitas tidur berhubungan dengan gangguan otak dan fungsi memori, risiko diabetes hingga kemungkinan mengidap penyakit jantung.

Nah, sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan jurnal Drug and Alcohol Dependence menyebut kualitas tidur juga bisa digunakan untuk memprediksi risiko konsumsi alkohol dan penyalahgunaan obat terlarang pada remaja. Semakin buruk kualitas tidurnya, semakin rentan remaja kecanduan alkohol dan obat-obatan.

Penelitian dilakukan oleh Brant P. Hasler kepada 186 anak laki-laki dengan rata-rata usia 11 tahun dengan melihat pola tidur mereka. 10 Tahun kemudian, peneliti kembali menemui mereka untuk diwawancara terkait konsumsi alkohol dan marijuana.

Hasil penelitian menyebut anak-anak yang kekurangan jam tidur dan memiliki kualitas tidur buruk berisiko lebih awal mengonsumsi alkohol dan menggunakan marijuana. Setiap satu jam waktu tidur yang berkurang, risiko penggunaan marijuana dan konsumsi alkohol naik hingga 20 persen.

"Kami menemukan bahwa pada remaja, masalah tidur lebih dulu dialami daripada konsumsi alkohol ataupun penggunaan marijuana. Karena itu memasukkan cukup jam tidur dan kualitas tidur yang baik sebagai salah satu langkah pencegahan kecanduan alkohol dan obat-obatan sangat penting," tutur Hasler, dikutip dari Medical Daily.

Berdasarkan data dari Centers for Disease Control and Prevention, sekitar 11 persen alkohol di Amerika Serikat dikonsumsi oleh kalangan muda berusia 12 hingga 20 tahun. Ada 189.000 kasus rujukan rawat darurat yang terjadi tiap tahunnya akibat konsumsi alkohol sejak tahun 2010.

"Karena itu mengeliminasi faktor risiko kecanduan alkohol sangat penting. Salah satunya adalah dengan mencukupkan tidur pada anak dan menjaga kualitas tidurnya tetap baik. Tidak mudah memang, namun harus dilakukan demi mencegah mereka kecanduan alkohol atau obat-obatan di masa depan," tutup Hasler.

Tagshealthy
BISNIS
ACE Hadir Sebagai Destinasi Favorit Beragam Kebutuhan Traveling

ACE Hadir Sebagai Destinasi Favorit Beragam Kebutuhan Traveling

Rabu, 16 Agustus 2017 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Sebagai destinasi untuk kebutuhan perlengkapan dan gaya hidup terbesar di Indonesia, ACE menyelenggarakan program khusus menjelang liburan, yaitu One Stop Trevel Shop yang menghadirkan rangkaian produk untuk traveling dengan ragam penawa

MANCANEGARA
7 Makanan Daging Hewan sadis di Dunia

7 Makanan Daging Hewan sadis di Dunia

Senin, 28 November 2016 | 19:00

Sebab, cara penyajian gurita hidup tersebut dianggap kejam. Sebenarnya bukan hanya gurita hidup, beberapa restoran dunia juga terkenal dengan penyajian hidangan yang anti-mainstream dan kontroversial. Berikut tujuh cara penyajian hidangan yang dianggap ke

TOKOH
Pesan Jazuli Juwaini, Jaga Kemerdekaan dengan Membangun Konsensus Kebangsaan

Pesan Jazuli Juwaini, Jaga Kemerdekaan dengan Membangun Konsensus Kebangsaan

Senin, 14 Agustus 2017 | 06:00

TANGERANGNEWS.com- Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi Empa Pilar Kebangsaan di Kelurahan Larangan Utara Kota Tangerang. Saat di hadapan masyarakat, Jazuli Juwaini mengingatkan seiring dengan momentum Hari Kemerdekaan

WISATA
Museum-Museum Unik di Indonesia, Tersebar di Berbagai Kota

Museum-Museum Unik di Indonesia, Tersebar di Berbagai Kota

Selasa, 25 Juli 2017 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Dulu ketika mendengar kata museum, yang terbayang adalah pemandangan membosankan bagi mereka yang tidak suka melihat benda-benda bersejarah. Namun sekarang museum bukan lagi tempat yang membosankan, karena ada banyak hal-hal unik yang bi

"Tidak adanya tindakan melahirkan keyakinan dan keberanian. Jika Anda ingin menaklukan ketakutan, jangan duduk di rumah dan memikirkannya saja. Pergilah keluar dan sibukkan diri Anda."

Dale Carnegie