Connect With Us

Sempatkan Tidur Siang, Tingkatkan Memori Otak

FER | Sabtu, 14 Januari 2017 | 11:17

| Dibaca : 782

Ilustrasi Tidur (Istimewa / TangerangNews)


TANGERANGNews.com-Menyempatkan untuk tidur siang selama satu jam dapat meningkatkan memori otak dan kemampuan berpikir, para ahli mengatakan.

Para peneliti AS meneliti pola tidur dari hampir 3.000 orang dewasa Cina berusia 65 dan lebih tua untuk mengetahui apakah beristirahat siang memiliki efek pada kesehatan mental mereka.

Hampir 60 persen dari orang-orang dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Society itu mengatakan, mereka tidur siang selama 30 hingga 90 menit setelah makan siang. Dan waktu tidur siang rata-rata adalah sekitar 63 menit.

Lalu para peserta mengambil beberapa tes untuk menilai status mental mereka, menjawab pertanyaan sederhana tentang tanggal, waktu, masalah tahun, dan matematika dasar. Mereka juga diminta untuk menghafal kata-kata dan gambar dari pola geometris.

Hasilnya, mereka yang meluangkan waktu untuk tidur siang selama satu jam mendapatkan hasil yang lebih baik pada tes mental dibanding mereka yang tidak tidur siang, menunjukkan memori yang lebih baik dan kemampuan berpikir lebih cepat.

Selanjutnya, mereka yang tidur siang selama satu jam juga mendapatkan hasil terbaik daripada mereka yang tidur siang lebih pendek atau lebih panjang.

Orang-orang yang tidak tidur siang atau tidur siang lebih lama mengalami penurunan kemampuan mental sebanyak empat sampai enam kali lebih besar dari mereka yang tidur siang satu jam. Tidur siang juga bisa memastikan lansia mendapatkan tidur malam yang baik.

Studi menemukan, peserta yang melaporkan kurang tidur siang cenderung tidur malamnya pun kurang berkualitas.

Tagshealthy
TOKOH
Menenangkan Hati Kala Musibah COVID-19 Melanda

Menenangkan Hati Kala Musibah COVID-19 Melanda

Minggu, 28 Juni 2020 | 10:10

TANGERANGNEWS.com-Pandemi COVID-19 menjadi musibah terbesar yang pernah dialami umat manusia abad ini. Hampir seluruh bangsa-bangsa di dunia merasakan hal yang sama, yaitu memfokuskan segala sumber daya

KAB. TANGERANG
Sedang Mancing, Pria di Kelapa Dua Dijemput Ajal Saat Hari Kelahirannya

Sedang Mancing, Pria di Kelapa Dua Dijemput Ajal Saat Hari Kelahirannya

Jumat, 3 Juli 2020 | 16:51

TANGERANGNEWS.com-Efih Sofyan, 59, ditemukan dengan tubuh kaku sudah tak bernapas di sekitar area terbuka milik Untar di Cibogo Kulon, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat (3/7/2020) pagi.

BANTEN
Warga Tangerang Tewas Tergulung Ombak Pantai Anyer

Warga Tangerang Tewas Tergulung Ombak Pantai Anyer

Kamis, 2 Juli 2020 | 09:41

TANGERANGNEWS.com-Insiden kecelakaan yang menewaskan wisatawan kembali terjadi di Pantai Anyer, Serang, Banten.

MANCANEGARA
Napoleon, Ikan dari Indonesia Mulai Muncul Lagi

Napoleon, Ikan dari Indonesia Mulai Muncul Lagi

Jumat, 3 Juli 2020 | 09:45

TANGERANGNEWS.com-Ikan Napoleon (Cheilinus undulatus)adalah ikan yang hidup diperairan terumbu karang. Konon dinamakan ikan Napoleon karena bentuk tonjolan di kepala ikan ini

"Belajar dari hari kemarin, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk hari esok "

Albert Einstein