Connect With Us

Sempatkan Tidur Siang, Tingkatkan Memori Otak

FER | Sabtu, 14 Januari 2017 | 11:17

| Dibaca : 674

Ilustrasi Tidur (Istimewa / TangerangNews)


TANGERANGNews.com-Menyempatkan untuk tidur siang selama satu jam dapat meningkatkan memori otak dan kemampuan berpikir, para ahli mengatakan.

Para peneliti AS meneliti pola tidur dari hampir 3.000 orang dewasa Cina berusia 65 dan lebih tua untuk mengetahui apakah beristirahat siang memiliki efek pada kesehatan mental mereka.

Hampir 60 persen dari orang-orang dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Society itu mengatakan, mereka tidur siang selama 30 hingga 90 menit setelah makan siang. Dan waktu tidur siang rata-rata adalah sekitar 63 menit.

Lalu para peserta mengambil beberapa tes untuk menilai status mental mereka, menjawab pertanyaan sederhana tentang tanggal, waktu, masalah tahun, dan matematika dasar. Mereka juga diminta untuk menghafal kata-kata dan gambar dari pola geometris.

Hasilnya, mereka yang meluangkan waktu untuk tidur siang selama satu jam mendapatkan hasil yang lebih baik pada tes mental dibanding mereka yang tidak tidur siang, menunjukkan memori yang lebih baik dan kemampuan berpikir lebih cepat.

Selanjutnya, mereka yang tidur siang selama satu jam juga mendapatkan hasil terbaik daripada mereka yang tidur siang lebih pendek atau lebih panjang.

Orang-orang yang tidak tidur siang atau tidur siang lebih lama mengalami penurunan kemampuan mental sebanyak empat sampai enam kali lebih besar dari mereka yang tidur siang satu jam. Tidur siang juga bisa memastikan lansia mendapatkan tidur malam yang baik.

Studi menemukan, peserta yang melaporkan kurang tidur siang cenderung tidur malamnya pun kurang berkualitas.

Tagshealthy
HIBURAN
Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin?  Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin? Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Kamis, 11 April 2019 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Bagi anda yang rindu liburan bernuansa pedesaan dengan suhu sangat dingin, mari kita datang ke ICEFEST 2019 pada 19 - 29 Desember di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

OPINI
Isyarat Prabowo-Sandi Menang

Isyarat Prabowo-Sandi Menang

Kamis, 11 April 2019 | 12:00

TANGERANG-Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga

TOKOH
Yusuf Mansur Ceritakan Al-Qur'an Selamatkan Hidupnya di Penjara

Yusuf Mansur Ceritakan Al-Qur'an Selamatkan Hidupnya di Penjara

Kamis, 23 Mei 2019 | 10:26

TANGERANGNEWS.com-Peringatan turunnya kitab suci Al-Qur'an atau dikenal dengan istilah Nuzulul Qur'an, menjadi pengalaman tersendiri bagi ustadz

SPORT
Hari Bhakti ke-55, Pemasyarakatan Trail Adventure (PASTA) Gelar Bakti Sosial

Hari Bhakti ke-55, Pemasyarakatan Trail Adventure (PASTA) Gelar Bakti Sosial

Senin, 29 April 2019 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Sobat trail mania di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata trabas atau biasa disebut dengan trail adventure, bagi mereka yang mencintai olahraga ekstrem motor trail.

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)