Connect With Us

Sempatkan Tidur Siang, Tingkatkan Memori Otak

FER | Sabtu, 14 Januari 2017 | 11:17

| Dibaca : 685

Ilustrasi Tidur (Istimewa / TangerangNews)


TANGERANGNews.com-Menyempatkan untuk tidur siang selama satu jam dapat meningkatkan memori otak dan kemampuan berpikir, para ahli mengatakan.

Para peneliti AS meneliti pola tidur dari hampir 3.000 orang dewasa Cina berusia 65 dan lebih tua untuk mengetahui apakah beristirahat siang memiliki efek pada kesehatan mental mereka.

Hampir 60 persen dari orang-orang dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Society itu mengatakan, mereka tidur siang selama 30 hingga 90 menit setelah makan siang. Dan waktu tidur siang rata-rata adalah sekitar 63 menit.

Lalu para peserta mengambil beberapa tes untuk menilai status mental mereka, menjawab pertanyaan sederhana tentang tanggal, waktu, masalah tahun, dan matematika dasar. Mereka juga diminta untuk menghafal kata-kata dan gambar dari pola geometris.

Hasilnya, mereka yang meluangkan waktu untuk tidur siang selama satu jam mendapatkan hasil yang lebih baik pada tes mental dibanding mereka yang tidak tidur siang, menunjukkan memori yang lebih baik dan kemampuan berpikir lebih cepat.

Selanjutnya, mereka yang tidur siang selama satu jam juga mendapatkan hasil terbaik daripada mereka yang tidur siang lebih pendek atau lebih panjang.

Orang-orang yang tidak tidur siang atau tidur siang lebih lama mengalami penurunan kemampuan mental sebanyak empat sampai enam kali lebih besar dari mereka yang tidur siang satu jam. Tidur siang juga bisa memastikan lansia mendapatkan tidur malam yang baik.

Studi menemukan, peserta yang melaporkan kurang tidur siang cenderung tidur malamnya pun kurang berkualitas.

Tagshealthy
SPORT
Laga Tandang Perdana di Sumatera, Persita Tekuk Sriwijaya FC 2-0

Laga Tandang Perdana di Sumatera, Persita Tekuk Sriwijaya FC 2-0

Sabtu, 13 Juli 2019 | 23:13

TANGERANGNEWS.com-Tim Pendekar Cisadane kembali merayakan kemenangan dengan menaklukkan tim Sriwiajaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya,

PROPERTI
Cerita Komunitas Pengawal Ambulans di Tangsel, Pernah Dicaci Hingga Ditabrak

Cerita Komunitas Pengawal Ambulans di Tangsel, Pernah Dicaci Hingga Ditabrak

Jumat, 5 Juli 2019 | 13:22

TANGERANGNEWS.com-Di Indonesia keberadaan mobil ambulans yang melaju dengan sirine kerap kali masih disepelekan pengendara di jalan.

HIBURAN
Langit Senja, Juara Pucuk Cool Jam 2019 Rilis Musik Video

Langit Senja, Juara Pucuk Cool Jam 2019 Rilis Musik Video

Kamis, 11 Juli 2019 | 17:21

TANGERANGNEWS.com-Band Langit Senja berhasil mewujudkan mimpinya merilis lagu dan video klip usai menjuarai Pucuk Cool Jam 2019. Lagu ‘Mimpi dan Matahari', music video perdana mereka pun diluncurkan Kamis (11/7/2019).

KOTA TANGERANG
Pemkot Tangerang Perketat Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Pemkot Tangerang Perketat Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Senin, 22 Juli 2019 | 15:25

TANGERANGNEWS.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan memperketat pemeriksaan kesehatan hewan potong menjelang Idul Adha 2019.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt