Connect With Us

Sempatkan Tidur Siang, Tingkatkan Memori Otak

FER | Sabtu, 14 Januari 2017 | 11:17

| Dibaca : 707

Ilustrasi Tidur (Istimewa / TangerangNews)


TANGERANGNews.com-Menyempatkan untuk tidur siang selama satu jam dapat meningkatkan memori otak dan kemampuan berpikir, para ahli mengatakan.

Para peneliti AS meneliti pola tidur dari hampir 3.000 orang dewasa Cina berusia 65 dan lebih tua untuk mengetahui apakah beristirahat siang memiliki efek pada kesehatan mental mereka.

Hampir 60 persen dari orang-orang dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Society itu mengatakan, mereka tidur siang selama 30 hingga 90 menit setelah makan siang. Dan waktu tidur siang rata-rata adalah sekitar 63 menit.

Lalu para peserta mengambil beberapa tes untuk menilai status mental mereka, menjawab pertanyaan sederhana tentang tanggal, waktu, masalah tahun, dan matematika dasar. Mereka juga diminta untuk menghafal kata-kata dan gambar dari pola geometris.

Hasilnya, mereka yang meluangkan waktu untuk tidur siang selama satu jam mendapatkan hasil yang lebih baik pada tes mental dibanding mereka yang tidak tidur siang, menunjukkan memori yang lebih baik dan kemampuan berpikir lebih cepat.

Selanjutnya, mereka yang tidur siang selama satu jam juga mendapatkan hasil terbaik daripada mereka yang tidur siang lebih pendek atau lebih panjang.

Orang-orang yang tidak tidur siang atau tidur siang lebih lama mengalami penurunan kemampuan mental sebanyak empat sampai enam kali lebih besar dari mereka yang tidur siang satu jam. Tidur siang juga bisa memastikan lansia mendapatkan tidur malam yang baik.

Studi menemukan, peserta yang melaporkan kurang tidur siang cenderung tidur malamnya pun kurang berkualitas.

Tagshealthy
WISATA
Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Kamis, 28 Maret 2019 | 08:13

TANGERANGNEWS.com-Anda sedang mencari objek wisata terbaik di Jakarta? Meskipun menjadi kota metropolitan dengan tingkat mobilitas yang sangat

AYO! TANGERANG CERDAS
Gebyar Kemerdekaan, Sinar Mas Land Asah Kreatifitas Anak Bangsa

Gebyar Kemerdekaan, Sinar Mas Land Asah Kreatifitas Anak Bangsa

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 15:11

TANGERANGNEWS.com-Memperingati Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, Sinar Mas Land melalui Rumah Pintar BSD City menyelenggarakan

BANDARA
Skybridge Terminal 2 Bandara Soetta Permudah Akses Penumpang

Skybridge Terminal 2 Bandara Soetta Permudah Akses Penumpang

Selasa, 17 September 2019 | 13:03

TANGERANGNEWS.com—PT Angkasa Pura II (Persero) meresmikan fasilitas jembatan penghubung atau skybridge di Terminal 2, Bandara Internasional

"Semua pengalaman dalam hidup mengajarkan pada kita hal - hal yang penting untuk terus maju."

Brian Tracy