Connect With Us

Sempatkan Tidur Siang, Tingkatkan Memori Otak

FER | Sabtu, 14 Januari 2017 | 11:17

| Dibaca : 526

Ilustrasi Tidur (Istimewa / TangerangNews)


TANGERANGNews.com-Menyempatkan untuk tidur siang selama satu jam dapat meningkatkan memori otak dan kemampuan berpikir, para ahli mengatakan.

Para peneliti AS meneliti pola tidur dari hampir 3.000 orang dewasa Cina berusia 65 dan lebih tua untuk mengetahui apakah beristirahat siang memiliki efek pada kesehatan mental mereka.

Hampir 60 persen dari orang-orang dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Society itu mengatakan, mereka tidur siang selama 30 hingga 90 menit setelah makan siang. Dan waktu tidur siang rata-rata adalah sekitar 63 menit.

Lalu para peserta mengambil beberapa tes untuk menilai status mental mereka, menjawab pertanyaan sederhana tentang tanggal, waktu, masalah tahun, dan matematika dasar. Mereka juga diminta untuk menghafal kata-kata dan gambar dari pola geometris.

Hasilnya, mereka yang meluangkan waktu untuk tidur siang selama satu jam mendapatkan hasil yang lebih baik pada tes mental dibanding mereka yang tidak tidur siang, menunjukkan memori yang lebih baik dan kemampuan berpikir lebih cepat.

Selanjutnya, mereka yang tidur siang selama satu jam juga mendapatkan hasil terbaik daripada mereka yang tidur siang lebih pendek atau lebih panjang.

Orang-orang yang tidak tidur siang atau tidur siang lebih lama mengalami penurunan kemampuan mental sebanyak empat sampai enam kali lebih besar dari mereka yang tidur siang satu jam. Tidur siang juga bisa memastikan lansia mendapatkan tidur malam yang baik.

Studi menemukan, peserta yang melaporkan kurang tidur siang cenderung tidur malamnya pun kurang berkualitas.

Tagshealthy
OPINI
Earth Hour: Peringatan Bagi Manusia di Bumi

Earth Hour: Peringatan Bagi Manusia di Bumi

Rabu, 4 April 2018 | 12:00

Kondisi iklim yang semakin hari mengalami perubahan tidak menentu akibat adanya proses pemanasan global membuat bumi bekerja semakin keras. Masyarakat dunia memiliki peran besar terhadap perubahan iklim yang terjadi.

AYO! TANGERANG CERDAS
Dicari, 200 Peserta Penerima Beasiswa Pelajari Produk Apple di BSD

Dicari, 200 Peserta Penerima Beasiswa Pelajari Produk Apple di BSD

Senin, 21 Mei 2018 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Pasca diresmikannya Apple Developer Academy di BSD Green Office Park, BSD City, Kota Tangsel oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada 7 Mei 2018 lalu,

HIBURAN
Ngabuburit Bareng 'Deadpool 2' Sukses Temani Muslimah Berbuka puasa

Ngabuburit Bareng 'Deadpool 2' Sukses Temani Muslimah Berbuka puasa

Sabtu, 19 Mei 2018 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Korry Elyana, 27, dan Khairunisa, 20, mimik wajahnya terlihat senang usai keluar dari studio 4 XXI TangCity Mall, Sabtu

NASIONAL
Jakcloth Lebaran 2018 Sale Hingga 90% di 8 Kota

Jakcloth Lebaran 2018 Sale Hingga 90% di 8 Kota

Sabtu, 26 Mei 2018 | 14:07

TANGERANGNEWS.com-JakCloth Lebaran 2018 datang lagi, kali ini hadir di delapan kota besar di Indonesia. Event yang di adakan mulai pertengahan

"Penderitaan terburuk dalam hidup bukanlah dengan kalah, kehilangan sesuatu maupun kemalangan yang menimpa, melainkan rasa takut akan sesuatu dan kemudian ketakutan itu tak pernah terlepas dari diri Anda."

Anonim