Connect With Us

Banten dan arisan keluarga

Jurnalis Warga | Senin, 27 Februari 2017 | 14:00

| Dibaca : 2448

Pemandangan di Banten. (@tangerangnews 2017 / Mohamad Romli)

Oleh : Heru Susanto

 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang

 

Banten yang berdekatan dengan DKI Jakarta masih mengalami surga politik bagi keluarga yang menggumpal di sekitarnya. Suhu politik di Banten tidak sepanas di Jakarta pada Pilkada yang berlangsung 15 Februari 2017 lalu.

 

Seorang politisi lihai bahkan bisa memanfaatkan apa yang menjadi magnet Pilkada di Jakarta. Meski terendus kebusukan dari penciuman kita. Namun di daerah ini tetap leluasa politik  ‘arisan keluarga’.

Arisan

 

Di zaman yang sudah moderen seperti ini, rata-rata yang berasal dari kalangan politis tajir membungkus ‘bau’ itu dengan  berpura-pura tidak tahu, lebih gila lagi. Mereka  menjadi pesulap, agar baunya  menjadi harum wanginya.

 

Begitu lah pemandangan yang terlihat di Banten. Sementara mereka yang betul-betul kritis, sudah setengah gila mencoba memperbaiki keadaan acap kali menjadi korban kenikmatan para politisi untuk ‘mengkerangkeng’.

 

Yang paling jelas, kini banyak akhirnya politikus di Banten yang mengalami ‘kemandulan’. Mereka tidak tumbuh ditempat yang dipimpin satu keluarga, satu daerah tanpa jeda itu.

 

Seolah tidak ada pilihan buat kita, yang mau tak mau harus ‘mencumbu’ dengan keturunan dari mereka agar bisa mengusai empuknya duduk dikursi yang menjadi perhatian itu.  

Meski sempat banyak yang bersyukur dan meramal  saat sang Ratu ‘dilengserkan’ oleh aparat anti rasuah. Tidak akan ada lagi romantisme  arisan terbatas itu.

 

Namun, ramalan itu pun akhirnya meleset, karena beberapa dari mereka yang sempat bersyukur malah ikut mendirikan lagi bangunan yang sempat runtuh separuh tersebut.

 

SPORT
Laga Tandang Perdana di Sumatera, Persita Tekuk Sriwijaya FC 2-0

Laga Tandang Perdana di Sumatera, Persita Tekuk Sriwijaya FC 2-0

Sabtu, 13 Juli 2019 | 23:13

TANGERANGNEWS.com-Tim Pendekar Cisadane kembali merayakan kemenangan dengan menaklukkan tim Sriwiajaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya,

MANCANEGARA
Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Selasa, 26 Maret 2019 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Ulama kharsimatik, Fethullah Gulen menilai demokrasi di Turki telah dirusak Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun Fethullah Gulen percaya kondisi itu tak akan berlangsung lama.

NASIONAL
Resmikan GIIAS, JK: Ekonomi Maju, Jalan Macet

Resmikan GIIAS, JK: Ekonomi Maju, Jalan Macet

Kamis, 18 Juli 2019 | 19:23

TANGERANGNEWS.com-Gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt