Connect With Us

Pemkab Tangerang Harus Mulai Fokus Perbaiki SDM

Redaksi | Jumat, 29 November 2019 | 13:16

| Dibaca : 656

Haris. (Istimewa / Istimewa)

 

Oleh : Haris, Bendahara Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Tigaraksa

Pada agenda Bupati Tangerang kemarin Kamis, 28 November 2019 bertempat di Euangan Bola Sundul. Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan secara general situasi dan keadaan Kabupaten Tangerang, baik persoalan pengangguran, ekonomi, urbanisasi, lahan hijau, sampai persoalan sampah.

Bupati mengatakan bahwa pada setiap tahunnya harus menyediakan lapangan kerja sekitar 7.000 lebih untuk masyarakat yang berdatangan. Saya sedikit menyinggung mengenai pengangguran dan penyediaan lapangan kerja oleh pemerintah.

Indonesia saat ini mengalami perlambatan dalam hal terciptanya entrepreneur, terlihat pada beberapa negara yang sudah mencapai di atas 10% bahkan sampai 14%.

Lain halnya dengan Indonesia yang baru saja mencapai 3,1% jumlah entrepreneurnya, angka tersebut cenderung lambat di bandingkan dengan negara-negara lain seperti Cina, Amerika dan Jepang.

Kemudian di samping itu, pada tahun 2045 Indonesia dicanangkan akan menuju indonesia emas, yang di mana bonus demografi yang sangat meningkat.

Jika pemerintah tidak mampu mengelolah urbanisasi dengan baik, maka dapat dipastikan bonus demografi akan menjadi kutukan bagi Indonesia.

Melihat kenyataan itu, pemerintah daerah seperti Kabupaten Tangerang jangan terus-terusan fokus menyediakan lapangan kerja untuk masyarakat yang setiap tahunnya berdatangan, kini saatnya fokus pada perbaikan SDM agar masyarakat tersebut beralih pada entrepreneur atau berwirausaha.

Dengan demikian, apabila masyarakat berbondong-bondong berwirausaha maka tidak tutup kemungkinan membuka lapangan kerja, daya beli masyarakat meningkat dan beban pemerintah berkurang, maka melalui itu semua akan terwujud masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT.(RMI/HRU)

PROPERTI
Terbitnya Permen PUPR tentang P3SRS Bikin Penghuni Menjerit

Terbitnya Permen PUPR tentang P3SRS Bikin Penghuni Menjerit

Selasa, 26 November 2019 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Terbitnya Peraturan Menteri (Permen) PUPR No 23 tahun 2019 tentang Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (P3SRS) masih menjadi polemik. Sejumlah penghuni apartemen mengungkapkan

KAB. TANGERANG
Warga Keluhkan Banjir di Jalan Kutabumi Pasar Kemis

Warga Keluhkan Banjir di Jalan Kutabumi Pasar Kemis

Jumat, 24 Januari 2020 | 18:48

TANGERANGNEWS.com-Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Tangerang, Jumat (24/1/2020) sejak pagi membuat ruas jalan

OPINI
Merawat Integritas

Merawat Integritas

Minggu, 19 Januari 2020 | 12:59

Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah salah satu Lembaga negara yang menyelenggarakan pemilihan umum di Indonesia. KPU bersifat nasional, mandiri

HIBURAN
Masyarakat Padati Fasilitas Liburan di BSD City

Masyarakat Padati Fasilitas Liburan di BSD City

Kamis, 26 Desember 2019 | 15:02

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land memprediksi selama libur Natal dan Tahun Baru 2020 jumlah pengunjung mengalami lonjakan yang siginfikan terhadap sejumlah fasilitas liburan

"Jangan hanya membicarakan rencana anda kepada orang lain. Tunjukkan pada mereka keberhasilan Anda. "

Mahesh Jerri