Connect With Us

Pandemi Virus COVID-19 Serta Anjuran untuk Tetap di Rumah Saja

Redaksi | Senin, 22 Februari 2021 | 11:35

| Dibaca : 383

Ilustrasi COVID-19. (@TangerangNews / Istimewa)

 

Oleh: Natasya Aurelia

 

Yuk, Kenalan dengan COVID-19. Apa sih virus COVID-19 dan apa dampaknya terhadap manusia bahkan dunia?

 

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang lebih dikenal dengan nama "Corona Virus" merupakan jenis baru dari coronavirus yang menyerang sistem pernapasan. COVID-19 dapat menular ke berbagai golongan manusia manapun, mulai dari lansia (lanjut usia), para remaja, anak-anak, bayi, bahkan dapat menyerang ibu hamil dan ibu menyusui.

 

Corona Virus Desease ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China pada akhir tahun 2019. Seperti yang kita tahu bahwa virus ini menyebar dengan cepat dan telah menyebar ke hampir seluruh negara di dunia dalam hitungan beberapa bulan saja. Negara yang terdampak virus ini antara lain, Indonesia, Irak, Malaysia, Singapura, Filipina, dll.

Merebaknya pandemi virus ini membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown guna mencegah penyebaran virus Corona yang lebih luas. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah perluasan virus ini. Jadi, pemerintah mengimbau agar masyarakat Indonesia tetap dirumah saja jika tidak ada keperluan mendesak sekali.

 

"Iya para penumpang pun menurun sangat drastis sejak adanya virus COVID-19. Bahkan jumlah penumpang dalam satu perjalanan dapat di hitung oleh jari,” ujar Sumanto, asisten bus biro perjalanan di Tangerang, Jumat (19/02/2020) lalu.

 

Anjuran Work From Home (WFH) dan sekolah/kuliah secara daring merupakan salah satu dampak COVID-19, kebijakan tersebut dibuat oleh pemerintah agar masyarakat tetap melakukan aktivitas dirumah saja untuk memutus rantai virus tersebut.

 

Namun, jika memang ada keperluan yang sangat mendesak untuk keluar rumah. Maka ada beberapa hal yang harus di terapkan, misalnya seperti menerapkan social distancing 1 meter, menggunakan masker, membawa hand sanitizer, serta anjuran untuk menggunakan cashless payment.

 

Selain menjaga diri dari luar, kita juga perlu memberi asupan gizi dan vitamin yang cukup serta olahraga yang cukup agar imun kita kuat dan lebih sehat.

 

Setelah membaca artikel ini, saya harap kita semua tetap dapat patuh dengan aturan yang sudah dibuat agar penyebaran virus COVID-19 tidak semakin luas.

KAB. TANGERANG
Paksa Pembeli Pegang Bagian Intim, Penjaga Warung Cabul di Cisauk Diciduk 

Paksa Pembeli Pegang Bagian Intim, Penjaga Warung Cabul di Cisauk Diciduk 

Sabtu, 6 Maret 2021 | 10:59

TANGERANGNEWS.com-Seorang penjaga warung berinisial RRN, 21 di Kampung

NASIONAL
Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli 2021

Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli 2021

Jumat, 26 Februari 2021 | 11:40

TANGERANGNEWS.com-Setelah sempat dibatalkan, proses pembelajaran tatap

BANDARA
Disayat Pasiennya di Bandara Soekarno-Hatta, Perawat Lanjut Tempuh Jalur Hukum

Disayat Pasiennya di Bandara Soekarno-Hatta, Perawat Lanjut Tempuh Jalur Hukum

Senin, 1 Maret 2021 | 18:56

TANGERANGNEWS.com-Deri Winanto, 32, perawat yang lehernya tersayat pasiennya

WISATA
Berwisata Sambil Kulineran di Kampung Konservasi Rimbun Serpong Tangsel

Berwisata Sambil Kulineran di Kampung Konservasi Rimbun Serpong Tangsel

Rabu, 3 Maret 2021 | 10:45

TANGERANGNEWS.com-Kampung Konservasi Rimbun di Jalan Haji Jamat no 11, Ciater, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) merupakan salah satu tempat wisata alam dengan ruang terbuka yang asri dan cukup jauh dari keramaian

"Cara terbaik untuk memprediksi masa depan Anda adalah dengan menciptakannya."

Abraham Lincoln