TangerangNews.com

Gara-gara Hutan BSD City, Tangsel Raih Adipura

Denny Bagus Irawan | Kamis, 6 Juni 2013 | 21:15 | Dibaca : 2455


Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany. (tangerangnews / dedi)




TANGERANG-Gara-gara hutan, Kota Tangsel meraih Piala Adipura untuk yang pertama kalinya. Ya,  kota itu menjadi kota  terbersih tingkat nasional.

 Penilaian untuk tiga hutan kota di Tangsel menjadi nilai tertinggi di Indonesia, dengan memperoleh nilai masing-masing 85.

“Alhamdulillah untuk pertama kali Tangsel memperoleh piala Adipura. Memang tidak memperoleh nilai terbesar se Indonesia, namun Hutan Kota kita memiliki nilai terbesar,” ujar Rahmat Salam, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kota  Tangsel.

Untuk Taman Kota 1 dan 2 BSD mendapat nilai 85, sedangkan untuk Taman Kota Jombang, Kecamatan Ciputat mendapat nilai 82.

“Kami memperoleh nilai tertinggi untuk hutan kota, ini akan terus kami pertahankan. Bagaimanapun, ini juga peran dari masyarakat,” pungkas Rahmat.

Nilai tertinggi juga dihadiahkan untuk kebersihan dan pemeliharan lingkungan di pemukiman, Tangsel memperoleh nilai 80.

Meski memperoleh nilai tertinggi diberbagai lingkungan, untuk pasar tradisional di Tangsel masih memperoleh nilai terendah.

Untuk itu, Rahmat mengatakan, itu menjadi koreksi bagi BLHD dan masyarakat Tangsel untuk terus berbenah segala kekurangan, serta mempertahankan dan meningkatkan prestasi Adipura yang sudah ada.

“Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak, masyarakat, yang telah bersama menjaga kebersihan dan kelestarian pohon, sehingga Adipura inilah hasilnya,” ujar Rahmat.

Sementara itu, Airin Wali Kota Tangsel mengaku bersyukur atas raihan tersebut.


 “Ini merupakan hasil kerja keras seluruh pihak, baik SKPD terkait dan seluruh masyarakat yang sudah mendukung dan bekerjasama dalam menjaga lingkungan terutama di objek penilaian,” ujarnya.

Menurut Airin, Piala Adipura pertama kalinya itu perlu dipertahankan, karena sebenarnya bukan penghargaan tersebut yang patut dibanggakan, namun bagaimana terus menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan tempat tinggal.

Nantinya, pada 10 Juni ini, Wali Kota Tangsel akan mengambil langsung Piala Adipura, untuk kemudian pada 16 Juni akan dirayakan bersama dengan puncak perayaan Hari Lingkungan Hidup sedunia.