TangerangNews.com

Banyak Kondom, Situ Gintung Diawasi 34 Satgas Pelestarian

Denny Bagus Irawan | Selasa, 10 September 2013 | 20:05 | Dibaca : 2213


Satgas Pelestarian Situ Gintung (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)


 
TANGERANGNEWS.com-Untuk mengantisipasi alih fungsi dan menjaga ekosistem Situ Gintung, Pemkot  Tangsel membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pelestarian situ tersebut.   
 
Pembentukan satgas itu didasari banyaknya laporan masyarakat, bahwa lahan konservasi tersebut kini menjadi tempat asusila .  apalagi beberapa waktu lalu, aktifis lingkungan saat membersihkan Situ Gintung mendapati belasan kondom bekas pakai.
 
Seharusnya, fungsi bendungan yang pernah jebol  pada 2009 ini menjadi tempat penampungan air dan wisata. Namun, kenyataannya sering disalahgunakan pengunjung. Dalam pengamanan dan  pelestarian situ, 34 satgas diberikan sepeda dan pengeras suara (toa) untuk berkeliling situ.   
 
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan,   Dirinya pun sering mendapatkan laporan dari masyarakat  bahwa kawasan Situ Gintung sering digunakan untuk asusila. Sehingga, keberadaannya situ dianggap negatif.
 
"Dengan adanya satgas untuk menjaga dan  mengamankan kawasan situ. Serta bisa mengantisipasi adanya bangunan liar maupun  pengunjung yang berbuat asusila," ungkapnya, usai pengukuhan satgas pelestarian situ di Situ  Gintung, Cireundeu, Ciputat Timur, Selasa (10/9/2013).
 
Dikatakan, Pemkot menggandeng dengan pihak  swasta karena untuk menjaga kelestarian situ bukan hanya tanggung jawab Pemerintah semata. Maka itu sebagai bentuk CSR yang dilakukan juga  oleh pihak swasta dari Alam Sutera, Bintaro, dan BSD dengan memberikan sepeda dan toa untuk  berpatroli. "Dalam menjaga kelestarian Situ Gintung tidak  hanya dari pihak Pemerintah saja tetapi peran masyarakat sekitar juga penting," katanya.