TangerangNews.com

Pintu Air 10 Tangerang Siaga Dua

Sumber Kompas | Minggu, 23 Februari 2014 | 16:28 | Dibaca : 1521


Bendungan Pintu Air 10 Kota Tangerang (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)


 
TANGERANG-Ketinggian air di Pintu Air 10 yang ada di Kota Tangerang telah mencapai 11,90 meter diatas ketinggian permukaan laut.  Karenanya, kondisi tersebut telah masuk dalam kategori siaga dua.
 
Bila ketinggian air kemudian bertambah sekitar 10 cm menjadi 12 meter, kondisi di Pintu Air 10 akan dinyatakan menjadi siaga satu.

Kepala Bendung Pintu Air 10 Tangerang Sumarto  menjelaskan, sudah hampir semua pintu air di Tangerang dibuka untuk menghadapi kiriman air dari Sungai Ciliwung, Bogor.

"Sekarang sudah tujuh pintu air yang dibuka," kata Sumarto.

Naiknya status siaga di Bendung Pasar Baru bermula dari jam 17.00 dengan status siaga 4, kemudian ketinggian air berangsur naik hingga perkembangan terakhir debit air sudah setinggi 11,90 meter dengan status siaga dua.

Sumarto menambahkan, kemungkinan debit air kembali naik memang belum pasti. Laporan terakhir yang diterima Sumarto dari petugas Bendung Katulampa, Bogor, menyatakan ketinggian air di bendungan itu sudah stabil dan cenderung menurun.

Walaupun begitu, tambah Sumarto, bila Bogor kembali diguyur hujan, maka kondisi di Bendung Pasar Baru kemungkinan besar mencapai siaga satu. Sejak Sabtu pagi, Tangerang dan sekitarnya dilanda hujan lebat yang menyebabkan beberapa daerah terendam banjir.