TangerangNews.com

Ahok Kucurkan Rp100 Miliar untuk Daerah Sekitar

Sumber Kompas | Kamis, 18 September 2014 | 07:46 | Dibaca : 908


Ahok Kumpulkan Kepala Daerah se-Jabodetabek (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)


TANGERANG-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana memberikan bantuan keuangan minimal Rp 100 miliar tiap daerah mitra (Bodetabek). Hal ini merupakan keputusan dari pertemuan antar kepala daerah yang diinisiasi oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, di Wisma Nusantara, Rabu (17/9/2014) malam ini.

"Keputusan pertama tidak ada lagi yang namanya kota penyangga, yang betul kota mitra. Kemudian, keputusan kedua adalah kita (DKI) bakal mengajukan pada DPRD untuk menyetujui bantuan keuangan sebesar Rp 100 miliar tiap kota mitra," kata Basuki.

Basuki berharap, bantuan keuangan itu dapat dialokasi sebaik-baiknya. Terutama untuk mengatasi berbagai permasalahan antar kota, seperti banjir dan kemacetan. Untuk kemacetan misalnya, Basuki mengatakan Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah menginginkan perpanjangan jalur transjakarta hingga wilayah Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, dan lainnya.

Sehingga, warga daerah mitra yang mencari nafkah di Jakarta, dengan mudah menggunakan transportasi massal.
Basuki menekankan, bantuan keuangan yang diberikan DKI itu dapat digunakan untuk membangun jalur transjakarta di daerah masing-masing. Kemudian, bantuan keuangan itu juga akan direalisasikan untuk pembersihan dan perawatan sungai.

Jakarta sebagai daerah hilir kerap mendapat banjir kiriman dari daerah hulu, seperti Bogor dan Depok. Ia berharap, bantuan keuangan itu dapat dialokasikan untuk pembangunan waduk sebagai tempat penampungan air, maupun pembebasan lahan warga di daerahnya.

"Jakarta ini sebagai kota megapolitan atau The Greater Jakarta, punya tanggung jawab. Ya sudah masing-masing (pemerintah) susun saja (program antarkota yang memerlukan anggaran lebih), nanti kami beri bantuan," kata Basuki.