TangerangNews.com

Menhub Minta Jangan Ada Loket Tiket di Bandara

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 9 Februari 2015 | 16:25 | Dibaca : 908


Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat sidak ke Bandara Soekarno-Hatta. (Dira Derby / TangerangNews)


TANGERANG-Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta setiap maskapai menyediakan mesin otomatis untuk melayani tiket penerbangan darurat (go show) sebagai investasi untuk menggantikan loket bandara yang diperkirakan ditiadakan Mei 2015.
 
"Saya enggak mau ada loket bandara, ganti  dengan mesin, seperti 'vending machine' (mesin penjual otomatis)," kata Jonan dalam sambutannya pada peluncuran izin terbang secara online di Kemenhub, Jakarta, Senin (9/2).

Selain itu, Jonan meminta maskapai untuk menyediakan jasa pelayanan penumpang (customer service) yang menghubungkan ke bagian penerbangan untuk tiket "go show". "Kalau maskapai tidak bisa investasi itu, tutup saja," katanya.
 
Menurut dia, upaya penghapusan loket bandara efektif untuk menghilangkan praktik calo yang selama ini dikeluhkan oleh penumpang."Karena praktik percaloan di hampir semua bandara besar itu sudah terlalu bising," katanya.
 
Dia menambahkan, dengan dihilangkannya loket bandara dan digantikan dengan mesin otomtasis, transparansi bisa terwujud. Menurut dia, industri penerbangan merupakan industri yang paling terdepan yang menjamin keselamatan transportasi.
 
"Saya ingin industri ini transparan, saya tidak mau ada 'airlines' yang tidak bayar pajak, bukunya 'double'. Industri ini tidak boleh disembunyikan apapun juga karena kita semua bertanggung jawab keselamatan transportasi," katanya.