TangerangNews.com

Festival Tangerang Bersih Digelar di Situ Cipondoh

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 3 Maret 2015 | 18:54 | Dibaca : 3666


Sachrudin dan Irman Pujahendra Bermain Jetksi di Situ Cipondoh Tangerang (Dira Derby / TangerangNews)


TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang bakal menggelar Festival Tangerang Bersih (FTB) ke-3 di Situ Cipondoh pada 4 -8 Maret 2015 sebagai bagian dari rangkaian HUT Ke-22 Kota Tangerang.

 "Nantinya, pengunjung yang hadir akan diajarkan membuat kompos dari sampah yang dihasilkan sehingga mengedepankan edukasi pada para pengunjung jika sampah yang hasilkan setiap hari mempunyai nilai ekonomi," kata Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, Selasa (3/3).

 Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang Ivan Yulianto mengatakan, kegiatan itu bertujuan menumbuh kembangkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah dan lingkungan hidup secara komprehensif.

 “Selain itu akan ada 50 stan pameran yang memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa sampah merupakan tanggung jawab bersama, melalui berbagai kegiatan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) dari komunitas-komunitas peduli sampah yang berasal dari dalam dan luar Kota Tangerang,” katanya.

 

Tema FTB tahun lalu adalah Declare, Educate, Implement (DEI) yang terimplementasikan dengan Progam Kampung Bersih dan Sekolah Bersih. Sebagai penyemangat untuk bersama-sama merealisasikan program tersebut, katanya, pada FTB ke-3 mengambil tema "LET'S DO IT" yang merupakan slogan untuk melaksanakan Program Kampung Bersih dan Sekolah Bersih.

 

"Tema tahun ini akan mencakup semua pihak dalam penanganan sampah, yaitu sekolah, masyarakat, aparat kelurahan, aparat kecamatan, dan dunia usaha dalam koordinasi Dinas Kebersihan dan Pertamanan," ujar Ivan.

 

Adapun komunitas-komunitas yang akan mengedukasi pengunjung dengan membuka loka karya di masing-masing stan, yakni Forum Kompos (Forum Komunikasi Pengelola Sampah), Hompimpah (Himpunan Orang Muda Peduli Sampah), PMK (Peguyuban Masyarakat Kenanga), Semut Bako (Semangat Muda Untuk Bangun Kota), Ciluk Ba (Cinta Lingkungan Kelurahan Buaran Indah), Kampung Lebah (Lebih Bersih dari Sampah), Keupeul (Kelompok Pemuda Periuk Peduli Sampah), Poeber Hati (Kampoengku Bersih Sehat dan Hijau) .