TangerangNews.com

Ingin menjadi kota layak, Wali Kota Tangerang Revitalisasi Cisadane

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 21 April 2015 | 16:15 | Dibaca : 3624


Arief R Wismansyah saat melihat langsung sungai Cisadane. (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews.com)


 

TANGERANG-Keinginan untuk menjadikan Kota Tangerang sebagai kota yang layak dikunjungi, Pemerintah Kota Tangerang akan merevitalisasi kawasan pinggir Kali Cisadane yang terletak di sepanjang Jalan Benteng Makasar dan Jalan Berhias Kelurahan Gerendeng Kota Tangerang.

 

Rencana revitalisasi tersebut menyusul konsep penataan Kawasan Pasar Lama yang telah terlebih dahulu diusulkan.

 

 Dengan adanya program revitalisasi nanti diharapkan kawasan Pasar Lama dan sekitarnya bisa berkembang sebagai pusat perdagangan dan juga pusat taman wisata yang dilengkapi dengan pusat kuliner khas Kota Tangerang.

 

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat mengecek Pinggiran Kali Cisadane, Selasa (21/04).

 

"Sungai Cisadane nanti bisa menjadi ecopark dengan tanpa menghilangkan fungsi Cisadane sebagai sumber air baku masyarakat Tangerang," jelasnya.

 

Sebagai tahap awal, Wali Kota juga telah menginstruksikan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) untuk menghias pepohonan dengan lampu led.

 

Selain tentunya juga dilakukan pemangkasan terhadap dahan pohon yang sudah sangat rindang.

Hal itu dilakukan selain untuk menjadikan kawasan pinggir Sungai Cisadane lebih indah, juga untuk mencegah aksi kejahatan yang memanfaatkan kondisi sekitar yang agak gelap.

 

Selain itu, Arief juga akan membangun "Taman Pilem" di pinggir Sungai Cisadane yang dilengkapi dengan Giant Screen.

 "Konsepnya lagi kita rancang dulu dengan teman-teman komunitas," jelas Arief yang saat itu juga ditemani langsung oleh perwakilan komunitas Tangerang Visual Community (TVC).

 

Walikota juga menambahkan dengan melibatkan peran serta masyarakat, akan semakin tumbuh rasa tanggung jawab dan cinta terhadap kota ini.

 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Sugihharto Achmad Bagdja menjelaskan bahwa revitalisasi kawasan Pinggiran Sungai Cisadane tersebut pelaksanaanya dimulai pada pertengahan tahun ini.

"Kita usulkan di anggaran perubahan," paparnya.