TangerangNews.com

Pabrik Saos Berbahaya di Cipondoh Makmur Digerebek Polisi

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 22 April 2015 | 13:48 | Dibaca : 6585


Barang Bukti saos dan bahan-bahan bebahaya (Rangga A Zulianzyah / TangerangNews)


TANGERANGNEWS.com-Sebuah home industri yang memproduksi saos berbahaya di Perumahan Taman Jaya, Blok D1 no 3A, RT 4/11, Kelurahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, digerebek Sat Narkoba Polres Metro Tangerang, Rabu (22/4).

Dari penggerebekan itu, petugas mengamankan barang bukti berupa zat pengawet, zat pewarna tekstil, ekstrak cabai, kemasan saos serta ratusan bungkus saos siap edar.

Kasat Narkoba Polres Metro Tangerang AKBP Juang Andi Prianto mengatakan, penggerebekan berawal dari adanya laporan warga yang mengeluhkan produksi pabrik saos tersebut. Warga kerap mencium bau menyengat dari limbah saos.

"Selain itu banyak siswa-siswa SD yang sakit akibat mengkonsumsi saos itu. Akhirnya kita lakukan penyelidikan," jelasnya.

 

#GOOGLE_ADS#

Setelah dipastikan pabrik saos rumahan tersebut menggunakan zat berbahaya, Sat Narkoba Polres Metro Tangerang langsung melakukan penggerebekan sekitar pukul 09.00 WIB.

"Kita amankan barang bukti serta satu pemilik berinisial I, 50, dan empat karyawan," jelas Juang.

Menurut Juang, pemilik bisa dijerat UU kesehatan no 36/2009 196 pasal dan UU Perlindungan Konsumen no 8/1999 pasal 62 dengan ancaman hukumannya diatas lima tahun penjara. "Saat ini pemilik masih kita mintai keterangannya. Zat-zat kimia yang kita dapat juga akan kita uji di laboratorium," paparnya.

Dari pengakuan tersangka I, pabrik rumahan miliknya telah beroperasi sekitar 10 tahun. Produk saos berbahaya itu distribusikan ke wilayah Jabodetabek, untuk dijual ke pedagang-pedagang kecil. "Kita produksi per hari sekitar 10 dus. Omset Rp 1 juta per hari," katanya. (RAZ)