TangerangNews.com

Pemkot Tangerang Butuh Rp 3 Triliun Untuk Revitalisasi Sungai

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 23 April 2015 | 16:52 | Dibaca : 1434


Arief R Wismansyah saat melihat langsung sungai Cisadane. (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews.com)


TANGERANG-Salah satu upaya Pemerintah Kota Tangerang untuk mengatasi banjir adalah dengan merevitalisasi empat sungai. Namun revitalisasi tersebut membutuhkan dana sedikitnya Rp3 triliun. Sementara dana yang diterima Pemkot dari pemerintah Provinsi dan Pusat masih kurang.

 

"Itu untuk menormalisasi sungai Cirarab, Cisadane, Kali Angke dan Kali Sabi, supaya tidak banjir," jelas Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, Kamis (23/4).

 

Menurutnya, Arief mengatakan saat ini dana yang diterima Pemkot hanya Rp 100 miliar. Karena itu, Pemkot berencana mendesak Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Pusat untuk menambah dana tersebut. "Cisadane aja butuh Rp 1,9 triliun. Rp 100 miliar tidak akan cukup," paparnya.

 

Arief menjelaskan, selain untuk menormalisasi aliran sungai, dana Rp 3 triliun itu akan digunakan untuk membangun sheet pile sepanjang aliran. Hal ini dilakukan untuk membentuk tembok yang dapat menahan tanah guna menghindari longsor.

 

"Diharapkan pemerintah provinsi dan pusat bersedia untuk mengeluarkan anggaran untuk merevitalisasi empat aliran sungai tersebut. Karena anggaran normalisasi aliran sungai telah dijanjikan oleh Presiden Jokowi sewaktu menjadi gubernur DKI Jakarta," katanya.