TangerangNews.com

Telan Angka Fantastis Rp4,1 Miliar, Pembangunan Estetika Jembatan UNIS Disorot DPRD Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 23 Agustus 2015 | 16:04 | Dibaca : 5535


Pembangunan perbaikan estetika Jembatan UNIS Kota Tangerang mendaoat sorotan DPRD setempat lantaran angkanya dinilai fantastis. (Dira Derby / TangerangNews)


TANGERANG-Proyek estetika Jembatan Universitas Syekh Islam Yusuf (UNIS)  yang menghubungkan Kecamatan Tangerang,  dengan Karawaci di Kota Tangerang dinilai sebagai bentuk pemborosan. Pasalnya proyek tersebut menghabiskan dana sebesar Rp4,1 miliar dari APBD.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi 4 DPRD Kota Tangerang Apanudin, Minggu (23/8). Menurutnya, pembangunan estetika jembatan UNIS tidak memberikan dampak yang baik bagi masyarakat.

"Desainnya yang menurut kami biasa saja dan terlalu menghabiskan anggaran, lebih baik dananya untuk program lain yang bermanfaat untuk masyarakat," tukasnya.

Apanudin menambahkan, pembangunan estetika dilakukan sebanyak tiga tahap dan menghabiskan dana hampir Rp4,1 miliar.
Dia menyarankan, estetika lebih baik dibangun dengan konsep dan anggaran yang tidak terlalu besar.
"Nilainya besar sekali, tetapi hasilnya gitu aja, sangat biasa," ujarnya.

Politisi asal Partai Gerindra ini juga menyarankan kepada Pemkot Tangerang untuk melakukan pembangunan di sektor infrastruktur yang mendesak seperti memperbaiki jalan dan bangunan gedung sekolah.

“Masih banyak infrastruktur yang perlu diperbaiki,lebih penting dari sekedar menghias jembatan,”ungkap Apanudin.

Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Sumber  Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang Iksan mengatakan, proyek tersebut merupakan perencanaan dari tahun 2012,  kemudian tahun 2013 dimulai dengan tahap strukturnya.

Dikatakannya proyek tersebut dilakukan untuk mempercantik jembatan sesuai apa yang diinginkan oleh Wali Kota Tangerang agar terlihat unik dan menarik.

“Sesuai arahan Pak Wali. Ada dua jembatan yang dipercantik estetikanya yaitu Jembatan UNIS dan Lio Baru,”ujar Iksan.
Sementara Kepala Dinas DBMSDA Kota Tangerang Nana Trisyana mengatakan,  bahwa saat ini proyek estetika untuk jembatan Unis  akan segera dilanjutkan pembangunannya tahap akhir yang akan dimulai pada bulan Agustus 2015 ini.
"Saat ini pihak kontraktor sedang dalam tahap pengerjaan dengan melakukan mobilisasi alat-alat dan bahan bangunan menuju ke lokasi jembatan," tuntasnya.