TangerangNews.com

Apple Juara, Samsung Runner-up

EYD | Selasa, 29 Desember 2015 | 07:11 | Dibaca : 1251


Apple dituntut ganti rugi senilai Rp11 triliun. (istimewa / tangerangnews)


TANGERANG – Musim liburan seperti Natal bisa juga berarti waktunya belanja, termasuk berburu gadget. Natal 2015 ini, Apple menjadi juara karena jadi produsen yang perangkatnya paling diburu. Sedangkan Samsung, yang merupakan pesaing terdekat Apple, harus rela berada di posisi runner-up.

Data-data tersebut dibeberkan badan riset bernama Flurry. Instansi ini melakukan penghitungan aktifasi gadget mulai 19 Desember sampai 25 Desember 2015 di Amerika Serikat. Berdasarkan laporan yang dirilisnya, Apple menempati posisi teratas yang perangkatnya paling banyak diaktifasi.

Laporan Flurry mencatat Apple mendominasi dengan persentase sebesar 49,1%. Sementara Samsung dipaksa bertekuk lutut dengan persentase hanya 19,8%. Meski demikian, persentase yang diraih Apple mengalami penurunan 2,2% dibanding pekan Natal 2014, sedangkan Samsung malah naik 2,1%. Bisa jadi kenaikan yang dialami Samsung bersumber dari pengguna Apple yang pindah haluan.

Tak kalah menarik adalah pengisi posisi ketiga, Microsoft sukses mendapat porsi sebesar 2% yang menempatkannya berada di atas LG yang mengisi posisi empat dengan potongan pasar 1,7%. Sayang, meski berhasil mengisi tiga besar, persentase pasar Microsoft turun dari tahun sebelumnya yang sempat berada di angka 5,8%. Adapun posisi kelima ditempati Xiaomi yang berhasil merengkuh pasar sebesar 1,5% di pekan Natal 2015 ini.

Sementara itu, kalau bicara dari sisi bentang layar, Flurry mengungkapkan phablet semakin diminati. Di pekan Natal 2015 phablet yang diaktifasi meningkat jadi 27% dari hanya 13% pada tahun sebelumnya.

Peningkatan phablet itu berbanding terbalik dengan ponsel berukuran layar medium dan kecil. Aktifasi ponsel di rentang layar 4 inch sampai 5,5 inch menurun jadi 54% dari 63% di pekan Natal 2014. Yang parah adalah ponsel kategori layar kecil, cuma 1% yang diaktifasi konsumen.