TangerangNews.com

Fenomena Danau Biru di Cisoka Tangerang

Denny Bagus Irawan | Selasa, 5 Januari 2016 | 17:35 | Dibaca : 12910


Ada fenomena baru di Kabupaten Tangerang, sebuah danau dengan air berwarna biru kehijau-hijauan di Cigaru, Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang (Dira Derby / Tangerangnews)


TANGERANGNEWS.com-Ada fenomena baru di Kabupaten Tangerang, sebuah danau dengan air berwarna biru kehijau-hijauan  di Cigaru, Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang membuat heboh seantero Tangerang. Air danau sendiri terlihat berubah rubah. Hal ini membuat Cigaru diserbu ribuan masyarakat Tangerang, bahkan luar Tangerang.

 

Tak ketinggalan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pada Selasa (5/1) ikut mendatangi danau tersebut. Zaki Iskandar pun menyempatkan berkunjung dan melihat keunikan danau bekas galian pasir yang disebut Telaga Biru.Danau Biru

 

"Pemerintah daerah punya tugas nanti memperbaiki infrastrukturnya, tapi yang paling penting adalah buat seluruh masyarakat yang tadinya bergantung sekali dengan tambang pasir ini akan jadi potensi baru yang lebih baik tanpa merusak lagi lingkungan yang harus kita jaga dan kelola bersama,” kata Zaki.

 

 

Menurut Zaki,  fenomena Telaga Biru itu dapat menjadi potensi ekonomi masyarakat  di sekitarnya. Zaki menuturkan, kedepan akan dilakukan penataan wilayah itu, mulai dari tempat parker, kemudian ada lahan untuk wisata alam dan  wisata kulinernya. Sehingga tidak serta merta hanya danau saja,  perlu juga diperhatikan aksesnya.

 

“Yang kedua yang tak kalah penting, sudahlah kita setop semua galian pasir yang ada disini. Nanti kita lihat punya manfaat apa tempat tempat yang sudah terlanjur dibongkar dan dikeruk untuk jadi galian pasirnya, mudah mudahan dengan fenomena ini bisa merubah mindset masyarakat Cisoka,” katanya.

 

Hadisa Mahsyur, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Tangerang mengungkapkan, kadar keasamannya air di danau itu kadar asam yang lumayan tinggi. “Kadar asamnya mencapai tujuh,” katanya.

 

Sehingga air tersebut tidak serta merta bisa langsung diminum oleh masyarakat. Kemudian untuk berenang juga lebih baik tak disarankan,  karena kedalamanya. Danau bitu

 

“Kenapa bisa berubah-rubah warna ya mungkin selain kadar asamnya tinggi,  karena ada alga ganggang yang nanti bisa berubah terkena sinar matahari,” katanya. (RAZ)