TangerangNews.com

Kemenkes Urungkan Menutup Klinik Kanker Warsito

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 11 Januari 2016 | 19:42 | Dibaca : 6718


Menristek M. Nasir mencoba alat terapi kanker temuan Warsito, Senin (11/1/2016). (Tangerangnews.com / Rangga A Zuliansyah)


TANGERANG-Kementerian Kesehatan membatalkan rencana penutupan klinik kanker milik Warsito Purwo Taruno. Sebelumnya, klinik tersebut terancam ditutup lantaran alat terapi kanker yang dikembangkan Warsito dinilai bermasalah.

Dalam kunjungannya pada Senin (11/1/2016) ke klinik yang beralamat di Jalan Jalur Sutera, Alam Sutera, Kota Tangerang tersebut, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) drg. Tritarayati mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan akan menindaklanjuti penelitian alat terapi kanker yang dikembangkan Warsito.

Tritarayati menambahkan, pihaknya juga telah membentuk tim untuk mengawal penelitian tersebut. Selain itu, akan dilakukan pendampingan untuk menguji alat tersebut agar sesuai standar.

"Penelitian harus dilakukan sesuai standar WHO. Hal itu harus dilalui, apakah itu untuk obat baru atas alat kesehatan baru," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pengembangan penelitian selanjutnya akan melibatkan pasien kanker sebagai subjek penelitian. Alat temuan Warsito tersebut juga akan dibandingkan dengan alat terapi standar kedokteran. "Nanti dilihat, apakah alat ini meningkatkan survival pasien," pungkasnya.