TangerangNews.com

Pembangunan Apartemen di Tangsel Sangat Pesat

EYD | Rabu, 3 Februari 2016 | 08:39 | Dibaca : 4607


PT Lippo Karawaci Tbk mengumumkan telah menjual lebih dari 70% apartemen Millennium Village. (istimewa / tangerangnews)


TANGERANG – Tak bisa dipungkiri prospek hunian vertikal seperti apartemen, kondotel, dan SOHO (Small Office Home Office), kini semakin diperhitungkan.

Banyaknya dan besarnya laju urbanisasi di kota-kota besar mendesak akan keterbutuhan pemukiman dan hunian yang tinggi juga.

Pertumbuhan kota memang sering bergaris lurus dengan jumlah meledaknya populasi daerah atau kota tersebut.

Termasuk yang terjadi pada kota-kota penyangga, seperti Tangerang Selatan.

Tangerang Selatan yang kian lama kian menjadi kawasan yang sangat diperhitungkan bagi tumbuh kembangnya hunian dan kawasan dengan fasilitas yang menunjang kehidupan, dari mulai tempat tinggal, bisnis, rekreasi, hingga pendidikan semua mulai tersedia dengan satu wilayah terpadu.

Namun, untuk memiliki hunian dengan orientasi rumah tapak bukan tidak mungkin akan semakin bersaing dengan tumbuhnya hunian vertikal yang secara perlahan-lahan mulai menyebar di kawasan yang dikomandoi Walikota Airin ini.

William Nusalim, Pengamat Properti mengatakan, “Prospek daerah tangerang Selatan akan masih sangat diminati dikarenakan harga yang cenderung masih relatif lebih murah, tetapi fasilitas dan sarana sudah sangat mendukung,” katanya.

Untuk memiliki hunian vertikal juga butuh persiapan yang matang, sama halnya dengan persiapan memiliki rumah tapak pada umumnya. Pertimbangan harga dan lokasi merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan.

William Nusalim juga mengatakan bahwa hunian vertikal akan diminati, khususnya apartemen dikarenakan makin naiknya harga tanah sehingga orang akan memilih apartemen yang biasanya cenderung lebih murah dan sudah lengkap dengan berbagai fasilitas yang menunjang dan terutama biasa di lokasi yang cukup strategis.

Dinamika harga hunian vertikal tidak kalah berbeda dengan tipe hunian lainnya semacam rumah tapak, hal ini sebagaimana yang disampaiakan Dani Indra Bhatara, Vice President Coldwell Banker Commercial Strategic Advisory mengatakan bahwa properti secara umum dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi nasional yang diperkirakan akan mengalami peningkatan pada 2016 (5,3 persen - World Bank) dibandingkan tahun 2015 yang berada di bawah 5 persen.

Berdasarkan hal tersebut diperkirakan pertumbuhan yang terjadi dapat mendorong industri properti di tahun 2016 walaupun belum sepenuhnya pulih dibandingkan 3-4 tahun yang lalu.

Dani juga menambahkan faktor lainnya yang berpengaruh adalah penurunan tingkat suku bunga SBI yang akan menurunkan tingkat suku bunga pinjaman yang berdampak baik untuk konsumen melalui KPR maupun bagi pengembang melalui kredit konstruksi.

Hal ini diperkirakan dapat membuat konsumen untuk lebih tertarik dalam melakukan pembelian produk properti melalui perbankan.

Perkembangan harga rumah primary dipengaruhi oleh pasokan dan permintaan. Pertumbuhan ekonomi, kondisi tingkat suku bunga, akan mendorong sisi permintaan akan produk hunian.

Sementara dari sisi pasokan tahun ini diperkirakan masih cukup banyak dari proyek-proyek perumahan di tahun lalu yang belum terserap, pengembangan proyek baru, serta pasokan dari pasar secondary, sehingga walaupun permintaan mengalami peningkatan, namun harga rumah diperkirakan akan mengalami peningkatan yang tidak tinggi dan diperkirakan berada di kisaran 10-20% saja per tahun.

Harga apartemen di Tangerang Selatan paling murah berkisar mulai dari Rp200 jutaan.

Sedangkan William berpendapat bahwa harg apartemen ada yang sampai dengan Rp20 miliar pun tersedia.

Seperti The Springwood yang berlokasi di Ciputat, tipe Studio seharga Rp255 juta hingga yang paling mewah tipe 3 Bedroom seharga Rp677 juta.

Selain rentang harga yang bersaing dan beragam, hunian vertikal juga saling berlomba dalam konsep di Tangerang Selatan.

Oleh karenanya bertumbuhnya ragam hunian vertikal dengan konsepkonsep menarik dewasa ini juga ikut meramaikan pasar properti.

Seperti Yukata Suites yang memiliki konsep nuansa Jepang hingga Roseville SOHO and Suites, yang berani menawarkan konsep sebuah hunian vertikal yang tergolong masih baru dengan perpaduan hunian dan kantor dalam satu.

Jika Anda sudah yakin untuk bersiap pindah ke hunian vertikal, sudahkah Anda mengecek ulang dimanakah Anda akan mulai menetap dan tipe hunian vertikal apa yang akan Anda tempati, segeralah tentukan dari sekarang.