TangerangNews.com

Sinar Mas Land & BPOM MoU soal dagangan di Pasar Modern BSD

Denny Bagus Irawan | Minggu, 10 April 2016 | 15:58 | Dibaca : 3194


BSD City bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Uji Bahan Makanan. (RADEN BAGUS IRAWAN / TangerangNews)


TANGERANG SELATAN-Dalam Rangka Memperingati Hari Kesehatan Dunia 2016 di Pasar Modern BSD City,  BSD City bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Uji Bahan Makanan. 

 

Dalam acara tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan, Gubernur Banten serta Perwakilan dari WHO (World Health Organization). 

 

Pasar Modern BSD City dianggap merupakan wujud nyata Sinar Mas Land mendukung pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM).

 

"Pasar Modern BSD City terpilih sebagai lokasi digelarnya peringatan Hari Kesehatan Dunia 2016, karena kini Kementerian Kesehatan tengah menggalakan kampanye pencegahan penyakit Diabetes Melitus," ujar Nila Farid Moeloek, Menteri Kesehatan, Minggu (10/4).

 

Penyakit tersebut menurut Menteri,  dipicu oleh gaya hidup, dimana salah satunya adalah pola makan dan Pasar sendiri merupakan tempat awal memilih bahan makanan yang dihidangkan.

 

Oleh karena itu juga, event ini juga menghadirkan juga  para penyandang diabetes dengan sub tema “Cegah,Obati, Lawan Diabetes”.

 

Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land  mengungkapkan, Sinar Mas Land selalu mendukung penuh upaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan untuk mengkampanyekan pencegahan terhadap penyakit Diabetes terhadap masyarakat luas.

 

"Kami juga berharap lewat MoU dengan BPOM, kami dapat bekerjasama maksimal membangun Mini Lab Pengujian Bahan makanan sehingga mengurangi penggunaan bahan berbahaya pada makanan yang tersaji di Pasar Modern BSD City,” tuturnya.

 

Mini Lab yang akan dibangun, nantinya akan dioperasikan oleh BSD City . Namun tetap dalam pengawasan dan tanggung jawab BPOM.

 

Dengan dibangun Laboratorium ini, bukan berarti BSD menjamin keamanan pangan dari barang- barang yang dijual di Pasar Modern. 

 

"Namun BSD berperan aktif dalam menciptakan Pangan Aman dan Sehat di Pasar Modern BSD. Kedepannya, setelah terbangunnya mini lab, maka bahan pangan yang dijual di Pasar Modern BSD akan di sampling secara berkala oleh petugas Mini Lab tersebut,”jelasnya.

 

Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City pada tahun 2004  diatas lahan seluas 3,2 ha. Hal ini dilakukan demi mengangkat status Pasar Tradisional yang citranya kumuh menjadi Pasar Tradisional Modern yang lebih tertata rapi dan bersih di BSD City, sehingga dapat mendukung dunia perdagangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM).

 

Pasar Modern BSD City tahap pertama tersebut kerap dijadikan percontohan konsep pasar tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta. Sejak diluncurkan hingga saat ini, Pasar Modern BSD City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa.

 

“Pedagang lapak yang bersih merupakan “jantung“ PasarModern dimana orang dapat berbelanja seperti di Pasar tradisonal tapi dalam suasana yang bersih dan tertata apik.

 

"Ditempat inilah para pedagang kecil UMKM menjalankan peranannya dengan difasilitasi pengembang melaluipembayaran sewa yang terjangkau,” terang Dhony Rahajoe.