TangerangNews.com

Dubes Amerika Datangi Pondok Pesantren Daar El Qolam Tangerang

Mohamad Romli | Senin, 6 Februari 2017 | 17:00 | Dibaca : 5620


Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan (@tangerangnews 2017 / Romly Revolvere)


TANGERANGNews.com-Dubes  Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan bertandang  ke Pondok Pesantren Daar El Qolam Gintung, Jayanti, Kabupaten Tangerang. Dia mengaku, kedatangannya  untuk  mengenal  santri di pesantren. Dubes yang baru menjabat selama dua bulan di Indonesia itu mengatakan, mendapat kehormatan bertugas di Indonesia.

"Tentu saya  ingin belajar banyak sekali mengenai santri. Saya ingin belajar mengenai minat mereka, mengenai masa depan mereka, dan bagaimana pendapat mereka tentang Islam," terang Joseph , Senin (6/2/2017).

Dalam kunjungannya ke pesantren itu, Joseph juga mengaku  takjub dengan para santri. Dia mengaku takjub dengan marching band yang ditampilkan oleh santri Daar El Qolam saat penyambutan.

"Ini sulit saya membawa pesan ke Amerika. Sebab saya akan berakata. Mereka harus belajar lebih giat. Kalau tidak, siswa di sini akan mengalahkan mereka semua," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Joseph juga memberikan semangat agar santri dan santriwati tidak takut melanjutkan belajar di Amerika. Apalagi ada seorang santri yang bertanya apakah seorang muslim akan mendapatkan masalah ketika melanjutkan sekolah di sana.

Joseph mengaku,  sudah banyak berbincang tentang hal tersebut. Bahkan ia juga bertanya kepada anak bungsunya, yang merupakan lulusan salah satu kampus di Amerika.

"Saya terkejut juga jawaban dari pelajar atau mahasiswa yang kembali dari Amerika Serikat, jawaban mereka sangat positif. Seiring saya memahami permasalahan ini, kalau misalnya Anda ingin ke Amerika atau berkunjung ke Amerika, pastinya Anda mendapatkan pengalaman unik dan baru," katanya.

Bahkan, menurutnya, ada banyak pelajar Indonesia yang mengajari warga Amerika tentang Indonesia. Entah itu mengenai toleransi entah tentang keindahan alam Indonesia.